Daerah Rabu, 14 September 2022 | 17:09

Kepala Ombudsman Sulbar Tidak Mengetahui Jenis Beasiswa Manakarra

Lihat Foto Kepala Ombudsman Sulbar Tidak Mengetahui Jenis Beasiswa Manakarra Kepala Ombudsman perwakilan Sulbar, Lukman Umar. (Foto: Opsi/Eka)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Eka Musriang

Mamuju - Kepala Ombudsman perwakilan Sulawesi Barat (Sulbar), Lukman Umar mengaku, tidak mengetahui jenis beasiswa yang diterimanya dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamuju.

Hal tersebut disampaikan Lukman Umar saat diwawancarai wartawan, Selasa, 13 September 2022 kemarin.

Lukman Umar mengaku, tidak mengetahui jenis dan sumber beasiswa yang ditawarkan Pemkab Mamuju kepadanya.

"Saya tidak tahu kalau sumber beasiswa Manakarra tersebut dari APBD, karena saya tidak pernah dapat penjelasan apa pun," kata Lukman Umar.

Bahkan, kata dia, dirinya mengetahui jenis dan sumber beasiswa tersebut setelah dilaporkan salah seorang warga ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulbar.

"Setelah dilaporkan baru saya tahu kalau itu beasiswa Manakarra bersumber dari APBD," katanya.

Lukman Umar pun mengaku, siap bertanggungjawab secara pribadi maupun lembaga, jika langkah yang diambilnya kurang baik ataupun melanggar.

"Tapi, saya pastikan bahwa ibarat orang yang menerima, pasti saya anggap ini penghargaan bagi saya," kata Lukman Umar.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Kadisdikpora) Mamuju, Jalaluddin Duka mengungkapkan, pihaknya terlebih dahulu melakukan sosialisasi sebelum program tersebut berjalan.

"Saya kira, beasiswa Manakarra ini kita sudah sosialisasikan," kata Jalaluddin, saat diwawancarai wartawan, Rabu, 14 September 2022.

Sehingga, kata dia, dirinya tidak tahu jika Kepala Ombudsman perwakilan Sulbar tidak mengetahui jenis dan sumber beasiswa tersebut.

"Karena saya secara langsung tidak pernah menyampaikan kepada Ombudsman mengenai informasi beasiswa Manakarra," katanya.

Tetapi secara umum, kata Jalaluddin, pihaknya sudah menyampaikan beasiswa Manakarra yang bersumber dari APBD ke publik.

"Apakah dia membaca atau tidak, oh, yah saya tidak tahu kalau dia (Ombudsman) tidak tau karena yang jelas, saya sudah sampai ke publik. Saya sampaikan bahwa ada programnya ibu bupati melalui beasiswa Manakarra," kata Jalaluddin. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya