News Kamis, 10 Maret 2022 | 15:03

Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono Setingkat Menteri

Lihat Foto Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono Setingkat Menteri Bambang Susantono saat dilantik Presiden Jokowi, Kamis, 10 Maret 2022. (Foto: Tangkapan Layar)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Presiden Jokowi melantik Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe, Kamis, 10 Maret 2022 sore. 

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Wandy Tuturoong kepada sejumlah wartawan di Jakarta sebelum pelantikan mengatakan, berdasarkan Undang-Undang IKN, Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe memiliki kedudukan setingkat menteri. 

Mereka akan bertanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan persiapan, pembangunan dan pemindahan IKN dari Jakarta ke Nusantara.

Berdasarkan pengalamannya, Wandy menilai Bambang dan Dhony merupakan kombinasi yang cukup baik dari segi profesionalisme. 

Baca juga: Presiden Jokowi Lantik Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dan Gubernur Sulsel Andi Sudirman

Bambang, kata dia, punya keahlian di bidang transportasi, infrastruktur, dan perhubungan.

"Lalu punya pengalaman di bidang manajemen dan lembaga internasional. Belum lagi pengalaman di pemerintahan," kata Wandy.

Sementara, Dhony Rahajoe dinilai memiliki pengalaman dalam pengelolaan sebuah kota baru seperti BSD di Kabupaten Tangerang, Banten.

"Kepada yang bersangkutan diberikan hak keuangan, administrasi, dan fasilitas lain sesuai peraturan perundang-undangan," kata Nanik Purwanti selaku Deputi Bidang Administratur Aparatur Kementerian Sekretariat Negara saat membacakan keputusan Presiden Jokowi atas pengangkatan kedua pejabat tersebut. []  




Berita Terkait

Berita terbaru lainnya