Daerah Rabu, 09 Februari 2022 | 05:02

Kerabat Store, Belanja Produk Kerajinan Serasa di Mal

Lihat Foto Kerabat Store, Belanja Produk Kerajinan Serasa di Mal Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meresmikan Kerabat Store di Jalan Ir. Djuanda, Kota Bandung, Selasa 8 Februari 2022. (Foto: Opsi/Humas Pemprov Jabar)
Editor: Yohanes Charles

Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan wajah baru Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jabar. Kini namanya berganti menjadi Kerabat Store atau Kerajinan dan Kuliner Jawa Barat Store.

Perubahan tampak kentara di area depan dan interiornya yang kini mirip seperti pusat perbelanjaan atau mal.

Menurut Gubernur perubahan tersebut akan berdampak pada peningkatan minat masyarakat untuk berkunjung membeli produk unggulan pelaku UMKM khas Jabar.

"Kalau displaynya sudah setara seperti di mal itu baru juara. Tapi kalau seperti sebelumnya yang mirip pameran, orang jadi sungkan untuk datang. Saya lihat sendiri sekarang di lantai bawah sudah seperti toko di shoping mall," ujar Ridwan Kamil, Selasa 8 Februari 2022.

Kerabat Store yang berlokasi di Jalan Ir H Juanda No 19 (Dago) Kota Bandung menghadirkan produk unggulan yang sudah dikurasi, mulai fesyen, kerajinan, kuliner, hingga bisa menjadi ruang pertunjukan budaya. 

Gubernur mengapresiasi karena tak hanya perubahan pada tampilan interiornya saja tapi produk yang dihadirkan kini setara dengan produk yang layak jual di mal bintang lima.

"Bisa dibandingkan ini sekualitas produk yang layak jual di mal-mal bintang lima," kata Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil. 

Selain itu, sirkulasi produk di Kerabat Store juga akan mereplikasi pola yang dilakukan oleh mal dengan mengganti produk dan tema interior maksimal empat bulan sekali. Dengan demikian masyarakat akan sulit membedakan antara Kerabat Store dengan mal.

"Mungkin tiap empat bulan ganti tema yang ditampilkan, ikuti saja cara mal melakukan rotasi barang biar orang yang datang tidak bisa membedakan antara kerabat store dengan mal," tutur kang Emil.

Hal itu merupakan visi Pemda Provinsi dan Dekranasda Jabar untuk meningkatkan ekonomi lokal agar bersaing di pasar besar.

"Ekonomi lokal sedang didorong semaksimal mungkin agar bisa bersaing di pasar yang besar," ucapnya.

Baca juga: 

Kunker ke TP PKK DKI Jakarta, Atalia Kamil: Waktunya untuk Berkolaborasi Bukan Berkompetisi

Untuk lebih meningkatkan penjualan, Kang Emil meminta produk yang dijual di Kerabat Store tetap dipasarkan pula lewat platform digital atau e-commerce.

Menurutnya Jabar memiliki kelebihan dibanding daerah lainnya yaitu market atau populasi besar yang harus bisa dimanfaatkan.

"Kelebihan Jabar marketnya itu besar karena populasinya banyak," ujar Kang Emil.

Kuncinya, lanjut dia, di era Covid-19 ini Dekranasda harus kreatif dalam memasarkan produk khususnya di platform digital dan memanfaatkan konten di media sosial.

"Bisnis e-commerce akan naik ribuan triliun rupiah dalam hitungan 10 tahun karena jual beli online ini akan jadi aktivitas sehari-hari, apalagi Jabar kelebihannya marketnya terbesar se-Indonesia," ungkap Kang Emil. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya