Hiburan Kamis, 13 Juni 2024 | 17:06

Kerja Bareng, Dwiki Dharmawan dan Sandhy Sondoro Garap Ulang Single Gemilang

Lihat Foto Kerja Bareng, Dwiki Dharmawan dan Sandhy Sondoro Garap Ulang Single Gemilang Dwiki Dharmawan dan Sandhy Sondoro. (Foto: Opsi/Eno Suratno Wongsodimedjo)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Dua seniman besar di kancah permusikan Indonesia, yakni Dwiki Dharmawan dan Sandhy Sondoro berkolaborasi dalam satu proyek musik berjuluk DDSS Project dan berhasil melahirkan sebuah single berjudul Gemilang.

Berbicara dalam konferensi pers di Jakarta, Sandhy Sondoro mengatakan bahwa awal mula kerja bareng tersebut tercetus sewaktu mereka berdua kerap bertemu dan bermain musik bersama.

"Awalnya lagi jam session saja di studio sama Dwiki Darmawan tetapi kemudian terpikir kenapa tidak direkam dan dirilis saja sekalian," ucap Sandhy Sondoro, dikutip Opsi pada Kamis, 13 Juni 2024.

Dalam penggarapannya, lagu ini direkam secara live di sebuah toko musik di kawasan Pondok Indah, Jakarta. Nuansa sederhana demikian terasa lantaran musiknya hanya melibatkan bebunyian piano dari Dwiki, tamborin oleh Sandhy, dan contrabass yang dimainkan oleh Josh Alex.

Penggarapan video klip juga dibuat di hari dan tempat yang sama. Nuansa apa adanya demikan tergambar dalam visual video yang digarap tim dari Melodia Music.

Dwiki Dharmawan dan Sandhy Sondoro. (Foto: Opsi/Eno Suratno Wongsodimedjo)

Single Gemilang yang dirilis Sandhy Sondoro dan Dwiki Dharmawan merupakan tembang daur ulang yang dikompos oleh Dwiki Dharmawan dengan lirik yang ditulis oleh Mira Lesmana.

Tembang ini, pertama kali dirilis oleh grup jazz Krakatau pada tahun 1987 dan sukses menjadi hits di kala itu. Tak tanggung-tanggung, lagu ini juga berhasil masuk dalam urutan ke-61 deretan lagu berbahasa Indonesia terbaik sepanjang masa versi majalah Rolling Stone.

Dalam perjalanannya, lagu ini sempat dinyanyikan ulang oleh bintang musik papan atas Indonesia, yakni Andien dan grup band RAN.

"Saya pertama kali menciptakan lagu ini pada tahun 1985 saat masih remaja, masih 17 tahun. Lagu ini menceritakan tentang kegemilangan dan memberi semangat dalam memecahkan masalah jiwa remaja untuk mencapai dunia mereka. Saya rasa lagu ini masih relevan untuk dinyanyikan setiap generasi," tutur Dwiki Dharmawan.

Saat ini, single Gemilang milik Sandhy Sondoro dan Dwiki Dharmawan sudah bisa didengarkan di berbagai peron pemutar musik digital.

Baca juga: Kerja Bareng Endah Widiastuti, Nina Tamam Lepas Single Lebur

Baca juga: Arash Buana Gandeng Rendy Pandugo di Single Take Me Home

Sementara video klipnya juga sudah bisa disaksikan di saluran YouTube Sondoro Music. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya