News Kamis, 10 Februari 2022 | 15:02

Kerja Bareng MoEngage, Alfagift Tingkatkan Transaksi hingga 45 Persen

Lihat Foto Kerja Bareng MoEngage, Alfagift Tingkatkan Transaksi hingga 45 Persen Kolaborasi Alfagift dan MoEngage. (Foto: dok. MoEngage)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Alfagift, divisi digital Alfamart yang menyediakan pengalaman belanja ritel dan manfaat keanggotaan secara online dan offline, telah bermitra dengan MoEngage untuk menghadirkan pengalaman ritel terhubung yang mulus dan lebih intuitif untuk para pelanggan.

Melalui kemitraan ini, Alfagift telah mengalami peningkatan sebesar 45 persen dalam basis transaksi bulanan pelanggan dan tingkat retensi 75 persen dari H0 ke H90.

Head of IT, Global Loyalty Alfagift, Erick Alviyendra mengatakan bahwa Alfagift hadir menyusul kesadaran mengenai adanya peluang besar untuk menghadirkan pengalaman berbelanja baru melalui solusi omnichannel dan footprint yang luas bagi anggota setia.

"MoEngage memungkinkan kami untuk meningkatkan visi Alfagift dan memberikan pengalaman belanja yang relevan dan personal bagi pelanggan, terutama karena e-commerce terus berkembang pesat," kata Erick Alviyendra, dikutip Opsi pada Kamis, 10 Februari 2022.

"Kami telah mampu mempertahankan lebih dari 50 persen pelanggan melalui aplikasi, yang memberikan hasil signifikan bagi brand kami. Hal ini menunjukkan bahwa apa yang kami lakukan berhasil, dan kami bertujuan untuk membangun pendekatan ini," ujar dia.

 Kolaborasi Alfagift dan MoEngage. (Foto: dok. MoEngage)

Sebanyak 15.000 gerai Alfamart di berbagai kota sudah semakin populer karena ketersediaan produk, variasi kategori, dan kemudahan berbelanja.

Namun, tim Alfagift ingin meningkatkan pengalaman pelanggan dengan memungkinkan pelanggan berbelanja dari mana saja dan kapan saja.

Alfagift diluncurkan dengan visi untuk menjadi aplikasi e-commerce untuk para pelanggan setia, serta memungkinkan pelanggan untuk merasakan pengalaman belanja pribadi dengan manfaat yang luar biasa seperti penawaran, diskon, dan loyalty point, serta produk yang lebih beragam seperti di toko fisik Alfamart.

Saat ini, Alfagift menjadi salah satu dari 10 aplikasi teratas di Indonesia, dengan lebih dari 10 juta unduhan di Android dan iOS. 

Namun, dengan basis pelanggan aktif yang berkembang, pengaturan manual dari proses keterlibatan pelanggan terdahulu terbukti cukup rumit dan belum sempurna.

Hal ini menyebabkan kesenjangan dalam menganalisis jumlah Pengguna Aktif Harian (DAU) dan Pengguna Aktif Bulanan (MAU), yang pada akhirnya menyebabkan penurunan dan penghapusan aplikasi seluler. 

Dengan visi untuk membuat Alfagift lebih intuitif dan relevan bagi pelanggan, Alfagift bermitra dengan MoEngage dan merancang strategi keterlibatan pelanggan berbasis wawasan yang akan meningkatkan keterlibatan dan retensi pelanggan pada aplikasi dengan menciptakan perjalanan pelanggan.

Menggunakan Alur MoEngage, Alfagift memungkinkan pelanggan untuk terlibat di setiap langkah perjalanan pembelian mereka. Alfagift melihat adanya 29 persen peningkatan dalam perjalanan pemasangan aplikasi hingga pendaftaran.

Juga akan meningkatkan Pengguna Aktif Harian (DAU) dan Pengguna Aktif Bulanan (MAU) dengan mendorong adopsi dan menawarkan komunikasi berbasis perjalanan yang relevan di berbagai saluran.

Dengan menggunakan strategi keterlibatan yang intuitif dan gesit dengan campuran saluran berdasarkan tahap tindakan dan perjalanan, Alfagift meningkatkan DAU menjadi 214 ribu dan MAU menjadi 1,4 juta. Secara keseluruhan, tim Alfagift mengamati adanya lompatan 2 kali lipat dalam pemasangan aplikasi baru dengan peningkatan 45 persen di DAU. 

Baca juga: Berikan Pengalaman Digital Terbaik ke Pelanggan, XL Axiata Gandeng MoEngage

Baca juga: Fakta, Spek, hingga Harga Smartphone Samsung Galaxy S22 Ultra 5G

Meningkatkan kerekatan aplikasi dengan menawarkan diskon yang relevan menggunakan wawasan dan preferensi belanja.

Alfagift bekerja sama dengan MoEngage untuk menyoroti manfaat terkait loyalitas seperti poin, stempel, dan voucher untuk membeli produk apa pun. Hasilnya, Alfagift dapat mempertahankan 75 persen pelanggan dari H0 hingga H90.

General Manager SEA dan ANZ, MoEngage, Saurabh Madan, mengatakan bahwa ketika industri e-commerce semakin terus berkembang, sangat penting bagi brand seperti Alfagift untuk menonjol dari kerumunan melalui pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi dan seamless serta bermakna dan relevan.

"Kami merasa terhormat dapat bermitra dengan brand inovatif seperti Alfagift, yang mengutamakan customer-centricity dalam strategi bisnis mereka," kata Saurabh Madan.

"Keterlibatan berbasis wawasan akan menjadi jalan ke depan dalam ekonomi digital, dan kami berharap dapat memperkuat kemitraan kami dan memungkinkan Alfagift mencapai tingkatan yang lebih tinggi," ujar dia. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya