News Sabtu, 03 Desember 2022 | 15:12

Kerja Keras Mengajar Selama Pandemi, Guru Dapat Ucapan Terima Kasih dari Jokowi

Lihat Foto Kerja Keras Mengajar Selama Pandemi, Guru Dapat Ucapan Terima Kasih dari Jokowi Presiden Jokowi. (Foto: Twitter)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para guru, yang berjuang mendidik anak-anak di tengah keterbatasan selama pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikannya dalam acara puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) 2022 pada Sabtu, 3 Desember 2022.

“Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya, terima kasih atas kerja keras Bapak-Ibu guru semuanya saat pandemi, dan terima kasih telah mengawal masa depan anak-anak kita selama pandemi dan terima kasih telah mengawal masa depan bangsa, negara lewat pendidikan kepada anak didik kita,” ujarnya.

Jokowi menyadari, selama pandemi para guru, dosen, dan tenaga kependidikan dihadapkan pada masa-masa yang berat. 

Baca juga: Guru Besar UI Sebut Hari Guru Nasional Momentum Meningkatkan Kompetensi Era Digital

Pembelajaran harus dilakukan secara daring dengan segala keterbatasan di lapangan. Presiden pun bersyukur kini pandemi telah bisa dikendalikan sehingga aktivitas dan ekonomi bisa kembali pulih.

Jokowi kemudian menyebut, berkat vaksinasi yang dilakukan, yakni sebanyak 440 juta suntikan vaksin, pandemi Covid-19 bisa dikendalikan. Dampaknya kemudian ekonomi juga bisa kembali pulih seperti sebelum Covid-19.

Kapasitas Guru 

Guru kata Presiden Jokowi, di tengah arus perubahan yang sangat cepat, dituntut untuk meningkatkan kapasitas.

Mampu beradaptasi dengan teknologi pendidikan yang makin canggih, serta menguasai pengetahuan dan keterampilan yang baru dan relevan dengan tantangan dan kebutuhan dunia yang berubah dengan cepat. 

“Oleh sebab itu, saya minta sekali lagi, update informasi itu sangat dibutuhkan agar anak didik kita juga bisa kita berikan informasi yang terkini,” lanjutnya.

Pemerintah menurutnya terus berupaya untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan guru melalui berbagai program, yaitu Program Merdeka Belajar, Program Merdeka Mengajar, dan Program Guru Penggerak. 

Program utama pemerintah adalah melakukan transformasi pendidikan untuk mempercepat peningkatan kualitas pendidikan di seluruh pelosok tanah air. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya