Hiburan Senin, 26 Agustus 2024 | 00:08

Kerjakan Sendiri Semua Materi, Pamungkas Perkenalkan Album Hardcore Romance

Lihat Foto Kerjakan Sendiri Semua Materi, Pamungkas Perkenalkan Album Hardcore Romance Penyanyi solo, Pamungkas. (Foto: Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Penyanyi solo, Pamungkas resmi merilis album kelima miliknya yang diberi judul Hardcore Romance. Karya ini, hadir dengan single berjuluk Fight Some More yang dipasang sebagai fokus trek alias tembang andalan.

Lewat keterangan tertulisnya, Pamungkas mengatakan bahwa album Hardcore Romance merupakan penanda penting dalam perjalanan karier bermusiknya.

Karya ini, kata dia, menjadi titik kalibrasi, kembali pada spirit awal bermusik setelah menjalani perjalanan yang gemilang selama enam tahun terakhir - ditandai dari album debut Walk The Talk (2018).

"Gue selalu bilang ke tim, kita mulai dari nol lagi," ucap Pamungkas, dikutip Opsi pada Senin, 26 Agustus 2024.

"Jangan berpikir bahwa kemarin enak, kemarin sudah sampai ‘sini’, sampai ‘sana.’ Gue berpikir sekarang goal-nya supaya bisa berkarya terus," ujarnya.

Penyanyi solo, Pamungkas. (Foto: Istimewa)

Album Hardcore Romance, masih kata Pamungkas, adalah wujud dari proses pengendapan perasaannya, melihat momen-momen dalam hidup secara lebih bijak, dan juga upaya untuk tetap lebih tenang di tengah laju hidup yang kian cepat.

Pamungkas bilang, di atas itu semua ia tetap menjaga karya-karyanya untuk tetap dalam perspektif yang positif, meski lahir dari pengalaman-pengalaman buruk sekali pun.

Dalam penggarapan album ini, Pamungkas nyaris bekerja sendirian. Mulai dari menulis lagu, memproduseri sendiri, merekam hampir seluruh instrumen seorang diri di studio, sampai proses mixing.

Mastering seluruh lagu dalam album dikerjakan oleh Rhesa Aditya. Satu-satunya keterlibatan orang lain dalam mengisi instrumen adalah isian drum dari sang kakak, Raden Rohan, dalam trek Putus.

Pamungkas mencoba menghidupkan kembali kenangan sebagai musisi kamar yang serba terbatas dan swadaya.

Baca juga: Unit Instrumental 5Petani Lepas Mini Album Bertajuk Perjalanan

Baca juga: Rayakan Perilisan Album Perak, Thee Marloes Gelar Showcase di M Bloc Space, Jakarta

Saat ini, seluruh materi dalam album Hardcore Romance milik Pamungkas sudah bisa didengarkan di berbagai platform pemutar musik digital. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya