News Senin, 20 Maret 2023 | 17:03

Ketua dan Wakil Ketua MK Ucapkan Sumpah Jabatan, Jokowi Hadir

Lihat Foto Ketua dan Wakil Ketua MK Ucapkan Sumpah Jabatan, Jokowi Hadir Presiden Jokowi sampaikan selamat kepada Saldi Isra. (Foto: MK)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman dan Wakilnya Saldi Isra melakukan pengucapan sumpah jabatan 2023-2028 pada Senin, 20 Maret 2023. 

Presiden Jokowi dan sejumlah menterinya hadir dalam pengucapan sumpah yang dilaksanakan di Ruang Sidang Pleno, Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta.

Anwar Usman diangkat menjadi Ketua MK sesuai Keputusan MK RI Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengangkatan Ketua Mahkamah Konstitusi Masa Jabatan 2023-2028 yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 15 Maret 2023. 

BACA JUGA: Infografis: Harta Kekayaan Ketua MK Anwar Usman

Pengangkatan Saldi Isra didasarkan pada Keputusan MK RI Nomor 5 Tahun 2023 tentang Pengangkatan Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi Masa Jabatan 2023-2028 yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 15 Maret 2023.

Ini sumpahnya:

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban Ketua/Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” demikian penggalan sumpah yang dibacakan oleh Anwar Usman dan Saldi Isra.

Selepas pengucapan sumpah jabatan dan penandatanganan berita acara yang dilakukan di hadapan sembilan hakim konstitusi, Presiden Jokowi dan tamu undangan lainnya memberikan ucapan selamat kepada Anwar Usman dan Saldi Isra. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya