Daerah Senin, 23 Mei 2022 | 21:05

Ketua DPRD Sulbar: Rumah Tenun Sekomandi di Mamuju Tempatnya Oleh-oleh

Lihat Foto Ketua DPRD Sulbar: Rumah Tenun Sekomandi di Mamuju Tempatnya Oleh-oleh Ketua DPRD Sulbar, Siti Suraidah Suhardi (tengah), saat menghadiri grand opening rumah tenun Sekomandi. (Foto: Opsi/Eka Musriang)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Eka Musriang

Mamuju - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Barat (Sulbar), Siti Suraidah Suhardi mengapresiasi pendirian rumah tenun Sekomandi.

"Ini merupakan peran serta masyarakat dalam menumbuhkan geliat ekonomi di Mamuju, Sulbar," kata Siti Suraidah, saat diwawancarai Opsi.id, Senin, 23 Mei 2022.

Ia mengaku, sangat terbantu dengan didirikannya rumah tenun Sekomandi oleh putra asli Kecamatan Kalumpang, Mamuju, Sulbar, Kristian Malangi.

"Kalau kita membutuhkan oleh-oleh, sudah ada tempatnya dan sudah tersedia," katanya.

Siti Suraidah mengungkapkan, dirinya meminta, pemilik rumah tenun Sekomandi membuat studio khusus untuk penenun Sekomandi itu sendiri. Sehingga, masyarakat luas bisa melihat secara langsung pembuatan tenun Sekomandi ini.

Menurutnya, tenun Sekomandi merupakan warisan budaya leluhur Kalumpang, Mamuju, Sulbar, yang sudah disahkan oleh UNESCO.

"Saya akan selalu mensupport langkah yang dilakukan masyarakat dalam melestarikan dan menjaga budaya leluhur kita," katanya.

Siti Suraidah juga mengungkapkan, pendirian rumah tenun Sekomandi akan menunjang kemajuan daerah Sulbar.

"Apalagi, kita akan menjadi penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara nanti, pasti tempat ini jadi sasaran para pendatang," kata Siti Suraidah.

Untuk diketahui, rumah tenun Sekomandi itu berada tepat di jalan Andi Makkasau, Kelurahan Karema, Kecamatan Mamuju, Mamuju, Sulbar.

Sejumlah jenis kain dan sarung tenun, tersedia di rumah tenun Sekomandi milik Kristian Malangi tersebut.

Kain tenun yang tersedia di rumah tenun Sekomandi diyakni Sekomandi, Blangket, Paroki, Lurik, katun, Dobi Motif Lagosi.

Sedangkan sarung tenun yang tersedia diantaranya sarung tenun Mandar, sarung tenun Bugis, sarung tenun Toraja dan aksesoris. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya