Hukum Senin, 17 Juli 2023 | 16:07

Ketum PSSI Dipanggil Polisi, Dugaan Pungli Seleksi Wasit Liga 1 dan 2

Lihat Foto Ketum PSSI Dipanggil Polisi, Dugaan Pungli Seleksi Wasit Liga 1 dan 2 Ketua Umum PSSI Erick Thohir. (Foto: PSSI)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Ketua Umum PSSI Erick Thohir dipanggil Satgas Anti Mafia Bola Polri terkait penyelidikan kasus dugaan praktik pungutan liar (pungli) seleksi wasit sepak bola di Liga 1 dan Liga 2 Indonesia.

Kabag Penum Div Humas Polri, Kombes Pol Nurul Azizah menyebut, kasus tersebut sedang ditangani Satgas Anti Mafia Bola. 

Satgas bertujuan untuk memberantas praktik-praktik korupsi dan kecurangan dalam dunia sepak bola Indonesia.

“Terkait dugaan adanya pungli pada seleksi wasit Liga I dan II,” ungkap Nurul Azizah, Senin, 17 Juli 2023.

Disebutnya, Satgas Anti Mafia Bola pada Senin, 17 Juli 2023 mengundang Ketua Umum PSSI memberikan keterangan.

Diwakilkan untuk hadir dalam undangan tersebut adalah Direktur Perwasitan PSSI berinisial A.

“Satuan Tugas Anti Mafia Bola pada hari ini, Senin 17 Juli 2023, mengundang Ketua PSSI. Namun, yang ditunjuk untuk menghadiri undangan tersebut adalah saudara A, yang merupakan Direktur Perwasitan PSSI ke Bareskrim Polri,” ujar Azizah.

Penyelidikan ini dilakukan sebagai respons atas adanya informasi yang mengarah kepada adanya dugaan praktik pungli dalam proses seleksi wasit di Liga 1 dan Liga 2. 

Satgas kata dia, berkomitmen untuk membersihkan sepak bola Indonesia dari praktik-praktik yang tidak fair dan tidak sesuai dengan aturan.

Azizah menyatakan, satgas melakukan penyelidikan ini dengan seksama dan tidak akan mentolerir adanya praktik-praktik pungli yang merugikan para calon wasit dan mencoreng citra sepak bola Indonesia. 

Sebelumnya, PSSI melakukan seleksi wasit untuk kebutuhan Liga 1 dan Liga 2. Ada sebanyak 18 wasit di Liga 1 dan 24 wasit di Liga 2 yang dinyatakan lolos.

Untuk seleksi wasit nasional ini, PSSI mendapat bantuan dari Japan Football Association (JFA) yang mengirimkan Yoshimi Ogawa (member of Japan Football Association Referee Committee) dan Toshiyuki Nagi (JFA Referee Instructor and JFA Top Amateur Referees Manager) yang bertindak sebagai instruktur dan pengawas.

BACA JUGA: PSSI Seleksi Wasit untuk Liga 1, Sebanyak 18 Orang Terpilih

Seleksi wasit dan asisten wasit di tahun 2023/2024 melalui tiga tahap tes, yakni Fitness Test FIFA Kategori 2, Video Test, LOTG Tes.

Seleksi yang digelar tanggal 15-16 Juni 2023 diikuti 161 wasit dan 2 asisten wasit FIFA, dan 1 wasit AFC Elite Referee. 

Dari 55 wasit Liga 1 2022/2023 yang ikut serta dalam test, terdapat 27 wasit lulus tes, ditambah 1 wasit AFC Elite Referee. 

Dimana 18 peringkat teratas memenuhi kuota Liga 1, sisanya akan bertugas di kursi kuota Liga 2 pada peringkat 15-24.

Sementara itu, dari 107 wasit Liga 2 yang ikut serta dalam test, terdapat 54 wasit yang lolos test. Dimana peringkat 1-14 menempati kuota kursi Liga 2 2023/2024.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya