Daerah Senin, 13 November 2023 | 18:11

Kilang Balongan Salurkan Bantuan 25 Ribu Liter Air Bersih untuk Warga

Lihat Foto Kilang Balongan Salurkan Bantuan 25 Ribu Liter Air Bersih untuk Warga PT KPI Balongan menyalurkan bantuan air bersih untuk warga di Kecamatan Cantigi. (Foto: Opsi/Dok PT KPI Balongan)
Editor: Yohanes Charles

Indramayu – Menyambut Hari Ulang Tahun PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) yang ke - 6, Kilang Balongan bersama jurnalis menyalurkan bantuan air bersih sebanyak 25 ribu liter untuk masyarakat di Kecamatan Cantigi, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Sabtu, 11 November 2023.

Area Manager Communication, Relation and CSR PT KPI RU VI Balongan Mohamad Zulkifli menuturkan, bantuan ini merupakan wujud Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan dari Kilang Balongan kepada masyarakat terdampak kemarau panjang akibat fenomena El Nino yang membuat kekeringan berkepanjangan dan terjadi krisis air bersih.

“Hari ini ada 5 truck yang masing-masing berisi 5 ribu liter air bersih untuk kecamatan Cantigi, selanjutnya nanti akan dikirim 3 truck air bersih juga ke Kecamatan Krangkeng,” ungkap Zulkifli.

Dituturkan Zulkifli, akibat dari dampak kemarau panjang ini, lahan pertanian masyarakat menjadi kering sehingga mempengaruhi kondisi perekonomian masyarakat, diharapkan bantuan air bersih ini bermanfaat untuk masyarakat.

“Hari senin, tepatnya 13 November 2023, PT KPI akan berulang tahun yang ke-6, kami mengharapkan doa dari masyarakat agar PT KPI menjadi perusahaan yang lebih baik dan kehadirannya bisa semakin bermanfaat untuk masyarakat,”, kata Zulkifli.

Sementara itu, Camat Cantigi Zaenal Muttaqien, menyambut baik dan mengapresiasi bakti sosial yang diselenggarakan Pertamina RU VI Balongan.

Perhatian dari Pertamina ini , kata Zainal, sangat dinantikan oleh masyarakatnya yang selama ini sangat membutuhkan air bersih.  

“Kecamatan Cantigi adalah daerah tadah hujan, sehingga kebutuhan air sebagaian besar bergantung terhadap turunnya hujan, bantuan ini semoga menjadi amal jariyah untuk Pertamina,” kata Zainal.

Dipilihnya Kacamatan Cantigi sebagai lokasi penyaluran air bersih ini merupakan hasil survei tim Jurnalis Pertamina Balongan, dari survei tersebut diketahui bahwa Desa-Desa di Cantigi merupakan daerah yang belum turun hujan sekitar 6 bulan, sedangkan daerah lain sudah hujan.

“Insyaallah 3 tangki lagi nanti kami siap distribusikan bantuan air bersih dari PT KPI RU VI Balongan ini ke Desa Luwunggesik di Kecamatan Krangkeng yang saat ini juga sangat membutuhkan air bersih,” kata Dedi Musashi selaku ketua panitia acara bakti sosial air bersih.

Pada proses penyaluran air bersih tepat di depan Kantor Camat Cantigi, masyarakat terlihat gembira dan berbondong-bondong membawa galon air hingga jerigen untuk menampung air. Salah satunya yakni Darini, yang mengaku senang karena selama ini kebutuhan air bersih didapatnya di antaranya membeli air galon kemasan untuk kebutuhan memasak.

“Terima kasih Pertamina bantuan air bersihnya,” tutur Darini.

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya