Daerah Selasa, 15 Maret 2022 | 20:03

Kisah Yongky, Pengusaha Sukses di Makassar Suka Ngeflog untuk Motivasi Orang Lain

Lihat Foto Kisah Yongky, Pengusaha Sukses di Makassar Suka Ngeflog untuk Motivasi Orang Lain Pengusaha sukses asal Makassar, Yongky. (Foto: Opsi/RA)
Editor: Rio Anthony

Makassar - Meraih kesuksesan itu memang bukan hal mudah. Berbagai rintangan atau hambatan, kerap harus dilalui. Akan tetapi, di balik perjuangan dan pengorbanan, pasti berbuah manis. Sebab percaya tak percaya, perjuangan tidak akan menghianati hasil.

Hal itu dilakukan oleh pria bernama Yongky di Makassar, Sulawesi Selatan. Pengusaha grosir yang bergerak di bidang sepatu dan sandal ini, terbilang sukses. Keberhasilan yang dilalui Yongky saat ini, terbilang tidak lah mudah. Ia memulai semuanya dari nol.

Pria kelahiran Surabaya pada 1975 ini, sebelumnya bekerja serabutan. Bahkan dia hanya sebagai sales atau marketing di salah satu toko grosir. Dan, sekitar hampir 7 tahun sebagai sales, Yongky memberanikan diri untuk membuka usaha sendiri. Ia mulai bisnisnya tersebut, bermodal pengalaman dan kepercayaan suplair.

"Usaha grosir bergerak di bidang sepatu dan sandal. Dimulai  sejak 2006 lalu untuk usaha sendiri. Sebelumnya, saya menjadi sales pada 1998 sampai 2005, di bidang sama. Jadi semuanya dari nol," kata Yongky kepada wartawan, Selasa 15 Maret 2022.

Dalam merintis usahanya, Yongky mengaku tidaklah mudah. Berbagai halangan hingga rintangan, ia lalui. Selain ketukunan yang modal utama kesuksesan, ia pun terus mengasah diri dengan berbagai pengetahuan. Seperti, harus pintar membaca kebutuhan hingga perkembangan barang yang dipasarkan.

Apalagi, ketika pandemi Covid-19 melanda tanah air. Pengusaha di tanah air menjerit. Termasuk di Makassar. Jeritan itu lantaran omset menurun akibat adanya kebijakan pembatasan kegiatan yang diterapkan oleh pemerintah.

Tetapi, Yongki tidak putus asa. Dia malah mencoba melakukan hal baru, sesuai perkembangan dan kebutuhan pasar.

"Piutang sulit tertagih. Karena pandemi berdampak semua juga di langganan. Tapi saya tidak patah semangat terus berjuang. Dengan mengikuti perkembangan barang yang bisa dipasarkan. Lebih fokus ke jenis barang yang dibutuhkan, seperti bot air, sepatu olahraga, fashion dan lain-lain. Untuk menutupi biaya yang cukup banyak saya berusaha," bebernya.

Menurut Yongky apa yang dirasakannya ini, juga dirasakan oleh rekan yang sesamanya pengusaha grosir sepatu. Bahkan, banyak dari mereka putus asa. Tetapi, Yongky tak  tinggal diam. Dia tak ingin pengusaha kalah dari pendemi dengan cara memberi motivasi  kepada rekannya itu.

Jadi YouTuber

Yongky merasa tidak puas apabila hanya memotivasi rekan-rekannya untuk terus bangkit di tengah pandemi Covid-19 ini. Sehingga, ia mencoba akan menginspirasi kepada pengusaha lainnya atau lebih meluas lagi.

Tapi, Yongky melakukan dengan cara unik. Atau lebih dikenal dengan kekinian. Yaitu, dengan merekam video dirinya yang lagi memberikan motivasi, lalu menyebarkan melalui sosial media YouTube atau ngeflog.

Dalam akun YouTube miliknya, Yongky TV, ia kerap memberikan motivasi dari berbagai lokasi. Dan saat ini, akunnya telah memiliki 1674 pengikut atau subscribe dan dengan 86 konten video.

"Motivasi buat konten YouTube, supaya bisa motivasi diri sendiri dan motivasi orang lain secara luas yang membutuhkan dorongan dan solusi, ide baru untuk menopang bisnis utama," katanya.

"Sebagai orang beragama, saya tergerak membantu motivasi. Supaya orang kembali bangkit. Dan bisa sukses dan mereka bisa menolong orang yang kurang beruntung," sambungnya.

Selain berbisnis grosir, Yongky juga hari-harinya berkebun. Itu dilakukan untuk merileksasi diri dari pekerjaan utamanya dan menghasilkan tambahan income yang memang belum tentu berhasil.

Tapi modal keberanian dan tekad, Yongky yakin bisa berhasil di perkebunan porang yang baru di praktekan.

"Kesuksesan bukan hanya dilihat dari harta dan kekayaan tetapi suatu kehidupan yang sederhana, bermakna dan berarti yang merasakan kebahagiaan dalam diri dan keluarga,"ujarnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya