News Senin, 13 November 2023 | 19:11

Komisi 1 DPR Sepakati Jenderal Agus Subiyanto Sebagai Panglima TNI

Lihat Foto Komisi 1 DPR Sepakati Jenderal Agus Subiyanto Sebagai Panglima TNI Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto. (Foto: Istimewa)
Editor: Rio Anthony

Jakarta - Komisi I DPR secara resmi menyepakati KSAD Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI pengganti Laksamana Yudo Margono.

Kesepakatan itu diambil setelah melalui serangkaian tes uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi I DPR, Senayan, Senin, 13 November 2023.

Nama Agus disepakati oleh semua fraksi.

Agus pun mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan anggota Komisi I DPR. Ia mengatakan siap bekerja sama.

"Saya ucapkan terima kasih kepada ketua wakil dan seluruh anggota Komisi I. Jabatan ini amanah buat saya. Dan tentunya TNI siap bermitra dengan Komisi I," ucapnya.

Uji kelayakan dan kepatutan terhadap Agus dimulai dengan pemaparan visi misi Agus selama kurang lebih 20 menit.

Lalu, dilanjutkan dengan pendalaman oleh Komisi I DPR secara tertutup. Kemudian dilanjutkan rapat terbatas dan penetapan.

Dalam paparannya, Agus mengusung visi `Prima`. Istilah itu kependekan dari profesional, responsif, integratif, modern, dan adaptif.

Dia memaparkan sejumlah program prioritas mulai dari peningkatan SDM, profesionalitas, dan kesejahteraan aparat.

"Sebagai tambahan terkait kesejahteraan, pada kesempatan ini saya juga ingin menyampaikan bahwa atas semua jasa serta pengorbanan para pejuang dan senior TNI, saya akan memberikan perhatian kepada purnawirawan dan warakawuri," ucap Agus.

Setelah disepakati nantinya nama Agusakan disahkan dalam rapat paripurna.

Rapat raripurna DPR rencananya akan digelar pada 21 November 2023.

Setelah rapat paripurna, Agus akan dilantik oleh Presiden Jokowi. Diketahui Panglima TNI Yudo Margono akan pensiun pada 26 November 2023. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya