Daerah Kamis, 24 Februari 2022 | 15:02

Komitmen Tiga BUMN Ini Bangkitkan UMKM di Medan

Lihat Foto Komitmen Tiga BUMN Ini Bangkitkan UMKM di Medan Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama pimpinan BUMN usai penandatanganan MoU. (Foto: Istimewa)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Andi Nasution

Medan - Tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung Wali Kota Medan Bobby Nasution untuk membangkitkan dan memajukan kembali Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di ibu kota Provinsi Sumatra Utara itu.

Ada pun tiga BUMN itu adalah PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Persero, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) TBK dan PT Pegadaian.

Pimpinan dari tiga BUMN itu pun hadir di Heritage Grand City Hall, Jalan Balai Kota Medan, guna menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemko Medan, Kamis 24 Februari 2022.

Dengan PT PNM Persero, ruang lingkup kesepakatan bersama yang dilakukan diantaranya meliputi pembiayaan, pendampingan dan pengembangan pelaku Usaha Ultra Mikro (UMI) dan Mikro, pemberdayaan wanita keluarga prasejahtera.

Sedangkan dengan PT BRI (Persero), kesepakatan bersama diantaranya meliputi pembinaan dan pengembangan UMKM dan UMI, penyaluran produk UMI serta investasi tabungan.

Bersama PT Pegadaian, kesepakatan bersamanya diantaranya meliputi pembinaan dan pengembangan UMKM dan UMI, penyaluran produk ultra mikro dan mikro serta investasi tabungan emas pegadaian.

"Poin yang ingin dicapai dari kerjasama yang dilakukan ini cukup gampang. Pertama, UMKM yang sudah existing saat ini harus meningkat pendapatannya dan lebih bermanfaat," kata Bobby Nasution usai penandatanganan MoU.

Sedangkan yang kedua, kata menantu Presiden Joko Widodo ini, selain meningkat pendapatan, UMKM tersebut harus bisa membuka lapangan pekerjaan.

"PR nya cuma ini, cuma cara menyampaikan kedua poin ini memang yang berat. Ini yang saya minta kepada kepala dinas, minta tolong ya. Kita sudah ditolong teman-teman BUMN. Saya minta program yang sudah kita sampaikan tolong dijalankan dengan baik," ujarnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya