Pilihan Sabtu, 23 April 2022 | 07:04

Konsumsi Vitamin C Berlebihan Timbulkan Penyakit Batu Ginjal

Lihat Foto Konsumsi Vitamin C Berlebihan Timbulkan Penyakit Batu Ginjal Ilustrasi - Vitamin C. foto: Pexels.

Jakarta - Medical Senior Manager Kalbe Consumer Health, dr. Helmin Agustina Silalahi mengatakan, vitamin C tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena bisa berisiko menimbulkan penyakit batu ginjal.

"Vitamin C berdasarkan beberapa data, dinyatakan kalau konsumsi terlalu banyak akan berisiko batu ginjal. Maka jangan dikonsumsi secara berlebihan," kata dia dikutip dari siaran pers pada Jumat, 22 April 2022.

Maka itu sebabnya, vitamin C harus dikonsumsi sesuai aturan pakai atau dosis yang tercantum di kemasan produk.

"Vitamin C adalah salah satu vitamin yang larut dalam air, artinya akan diabsorbsi dalam tubuh kita, dan kalau sisa akan dibuang. Tapi ada vitamin C terbaru, dengan tambahan asam askorbat, bioflavonoid, dan asam lemak," ujarnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, tidak semua vitamin C yang terserap dalam tubuh akan dibuang melalui urin. Itu sebabnya konsumsi vitamin C tidak perlu terus-menerus.

"Tubuh kita kan kebanyakan selnya ada lemaknya. Jadi sesuatu kalau ada fat-nya akan terserap dan diikat oleh lemaknya. Kalau vitamin C ini, karena tertahan dalam tubuh kita, maka tidak perlu khawatir, selanjutnya enggak perlu langsung minum lagi dan lagi," kata dia.

dr. Helmin pun menginformasikan mengenai fungsi selenium sebagai antioksidan, untuk menangkal radikal bebas dan menurunkan risiko terkena infeksi. Jadi, kata dia, keseluruhan komposisinya bekerja sama untuk menjaga daya tahan tubuh secara optimal.

"Secara umum, selenium sudah sangat dikenal sebagai antioksidan. Apalagi kita sedang berada di kondisi menakutkan yang memicu berbagai penyakit. Dengan adanya selenium dan vitamin D, kita butuh untuk lebih percaya diri beraktivitas di tengah pandemi, apalagi saat puasa," kata dr. Helmin menambahkan. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya