News Kamis, 03 Maret 2022 | 15:03

KSAL Sebut Perang Rusia-Ukraina Tak Pengaruhi Operasional Alutsista TNI AL

Lihat Foto KSAL Sebut Perang Rusia-Ukraina Tak Pengaruhi Operasional Alutsista TNI AL Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono.(Foto:Opsi/Istimewa)

Jakarta - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menyebut perang Rusia-Ukraina tak pengaruhi operasional alat utama sistem senjata (alutsista) TNI AL.

"Alutsista kita memang banyak asalnya. Ada yang buatan Belanda, buatan Rusia, kemudian kemarin 39 kapal itu dari Jerman, termasuk persenjataan kita banyak yang dari luar. Ya tentunya tidak ada pengaruh dari mereka, tetap kita laksanakan operasional," kata Laksamana Yudo di Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu, 2 Maret 2022.

Namun untuk suku cadangnya, kata dia, TNI AL sampai sekarang belum tahu karena yang mengatur hal tersebut adalah Kementerian Pertahanan.

"Secara operasional tetap kita gunakan. Kita tidak terpengaruh Rusia mau perang sama negara manapun. Alat itu kan istilahnya sudah kita beli dan sudah menjadi hak kita," ujarnya.

Ke depan, lanjut mantan Pangkogabwilhan I ini, bagaimana untuk suku cadang yang mungkin terkena embargo atau tidak tentunya harus diantisipasi.

Untuk pembahasan geopolitik, dia mengatakan akan membahas hal itu hanya di lingkungan internal. Menurut dia, ke depan pihaknya akan mewaspadai perkembangan lingkungan strategis.

"Khususnya dengan adanya peristiwa seperti ini, ke depan bagaimana, ini tentunya akan menjadi pembahasan kita yang tidak bisa kita sampaikan secara terbuka," ucap Yudo Margono.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya