News Selasa, 04 Januari 2022 | 18:01

Kuasa Hukum Bahar Smith: Penista Agama Lingkaran Kekuasaan Belum Tersentuh Hukum!

Lihat Foto Kuasa Hukum Bahar Smith: Penista Agama Lingkaran Kekuasaan Belum Tersentuh Hukum! Ichwan Tuankotta dan Bahar bin Smith, .(Foto:Opsi/Istimewa)

Jakarta - Kuasa hukum Bahar bin Smith, Ichwan Tuankotta mengklaim bahwa proses hukum yang menimpa kliennya sangat cepat.

Hal itu diungkapkan Ichwan sembari membandingkan penanganan kasus pihak lain dengan kasus serupa, yakni atas dugaan melakukan penistaan agama.

"Bahwa proses hukum superkilat yang hanya membutuhkan waktu 17 hari saja dari pelaporan hingga pemeriksaan yang berujung penahanan," kata Ichwan mengutip CNNIndonesia , Selasa, 4 Januari 2022.

Menurutnya, proses hukum yang serba cepat ini mengindikasikan asas kesamaan di depan hukum atau equality before the law telah mati.

Pasalnya, proses hukum terhadap orang-orang yang juga diduga menista agama jalan di tempat.

"Mereka para penista agama berada dalam lingkaran kekuasaan yang hingga saat ini (setelah bertahun-tahun) belum tersentuh hukum," ujarnya.

Dia menilai ruang penyampaian pendapat menjadi sempit dan terbatas setelah Bahar diproses hukum karena aktivitas ceramahnya.

Oleh sebab itu, dengan tegas dia menyebut bakal menempuh berbagai upaya hukum untuk memperjuangkan Bahar.

"Bahwa terhadap proses hukum HBS (Bahar Smith), kami akan menempuh segala upaya hukum untuk memperjuangkan hak-hak klien kami," ucap Ichwan Tuankotta.

Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) menetapkan Bahar Smith alias BS sebagai tersangka kasus penyebaran informasi bohong atau hoaks saat berceramah di Kabupaten Bandung beberapa waktu lalu.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar, Kombes Pol Arief Rachman mengatakan tim penyidik menemukan dua alat bukti yang sah yang mendukung penetapan BS sebagai tersangka.

"Fakta penyidikan dan pemeriksaan hari ini penyidik mendapatkan dua alat bukti yang sah serta didukung barang bukti. Sehingga penyidik meningkatkan status hukum BS menjadi tersangka," kata Arief di Mapolda Jawa Barat, Kota Bandung, Senin malam, 3 Januari 2022.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya