News Jum'at, 10 Juni 2022 | 15:06

Kurangi Sampah Laut Hingga 7,2 Ton Per Bulan, Elnusa Petrofin Luncurkan Program ASIAP

Lihat Foto Kurangi Sampah Laut Hingga 7,2 Ton Per Bulan, Elnusa Petrofin Luncurkan Program ASIAP PT Elnusa Petrofin Anak Usaha PT Elnusa Tbk (ELSA) melalui Petrofin Peduli luncurkan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) ASIAP. (Foto:Istimewa)

Jakarta - Sebagai upaya dalam mengatasi masalah lingkungan khususnya sampah laut, PT Elnusa Petrofin Anak Usaha PT Elnusa Tbk (ELSA) melalui Petrofin Peduli luncurkan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) ASIAP. 

Peluncuran Program ASIAP merupakan akronim dari Armada Transportasi Sampah Desa Sapa Raya ini dilaksanakan di unit operasi Elnusa Petrofin Depot LPG Amurang, Minahasa Selatan, Jumat, 10 Juni 2022.

Kegiatan ini juga dihadiri langsung Direktur Operasional & Marketing PT Elnusa Petrofin, Nur Kholis, Direktur Pengembangan Usaha PT Elnusa Tbk, Ratih Esti Prihatini, Direkur SDM & Umum PT Elnusa Tbk, Tenny Elfrida. 

Kemudian, ada pula Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Minahasa Selatan, Dorkas Singkala, Camat Tenga Petrus Ulaan, Kepala Desa Sapa, Kepala Desa Sapa Barat, dan Kepala Desa Sapa Timur.

Nur Kholis dalam sambutannya menyampaikan bahwa Program ASIAP  ini menjadi salah satu program tanggung jawab sosial dan lingkungan Elnusa Petrofin, dalam memberikan solusi tepat guna kepada masyarakat untuk mengatasi sampah di laut. 

"Berbasis partisipasi masyarakat yang dikembangkan perusahaan bagi desa di wilayah Ring 1 unit operasi Depot LPG Amurang. Dengan menyediakan sarana dan prasarana pendukung, sehingga dapat mendukung upaya pemerintah dalam upaya mencegah terjadinya pencemaran sampah kembali di lingkungan," kata Nur Kholis.

Dalam kegiatan ini, puncak peluncuran ASIAP ditandai dengan penyerahan satu unit motor operasional kapasitas 300 L untuk pengangkutan sampah. 

Kemudian dilanjutkan dengan pemasangan baju seragam kepada Kelompok Penggerak Sampah Desa Sapa Raya yang telah dibentuk sebelumnya. 

Di mana seluruh kegiatan ini berdasarkan hasil dari pemetaan sosial yang dilakukan pada tahun 2021.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Minahasa Selatan, Dorkas Singkala turut menyampaikan bahwa pihaknya bangga dan berterima kasih atas inisiatif program tersebut.

"Semoga program ini tidak hanya sampai seremonial, namun terus berkelanjutan. Harapan kami selaku pemerintah, kontribusi Elnusa Petrofin menjadi tolak ukur kemajuan Minahasa Selatan. Di mana program ini sekaligus berguna untuk meningkatkan kesadaran kita akan perubahan iklim yang membutuhkan dukungan dan keterlibatan semua pihak secara konstruktif khususnya dalam pengelolaan sampah," ujar Dorkas Singkala.

Program ASIAP ini berdampak terhadap 2.907 Orang yang merupakan penduduk di 3 desa ring 1 Depot LPG Amurang. Dan diproyeksikan dapat mengurangi sampah laut hingga 7,2 Ton per bulan. 

Yang tentunya kegiatan ini juga melibatkan partisipasi masyarakat melalui pembentukan kepada Kelompok Penggerak Sampah Desa Sapa Raya.

Rita J.J Pangkey selaku Hukum Tua Desa Sapa pun mengucapkan Terima kasih dan berharap semoga program CSR ASIAP ini membawa dampak yang signifikan bagi kebersihan lingkungan di wilayah Desa Sapa Raya.

Senada dengan hal tersebut, Petrus Ulaan selaku Camat Tenga berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat dapat mewujudkan lingkungan yang bersih.

"Semoga inisiatif mulia dari Elnusa Petrofin dapat menggerakkan dan diikuti pelaku usaha dan industri, khususnya di Kecamatan Tenga, Minahasa Selatan serta turut mendorong perubahan perilaku masyarakat untuk mewujudkan lingkungan yang resik dan bertanggung jawab kepada lingkungan, khususnya kecamatan tenga," kata Petrus.

Ke depannya, masyarakat yang termasuk dalam Kelompok Penggerak Sampah Desa Sapa Raya akan mendapatkan pelatihan lebih lanjut khususnya pemilahan sampah skala desa dan pembentukan bank sampah. 

Sehingga dapat mengurangi perilaku dari masyarakat yang masih melakukan pembuangan sampah menggunakan perahu ke tengah laut.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya