Daerah Rabu, 20 Juli 2022 | 11:07

Lahan Gambut di Aceh Barat Daya Terbakar, 2 Damkar Dikerahkan

Lihat Foto Lahan Gambut di Aceh Barat Daya Terbakar, 2 Damkar Dikerahkan Personel Damkar BPBK Abdya saat berjibaku memadamkan api. (Foto:Opsi/BPBK Abdya)
Editor: Fernandho Pasaribu Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Lahan gambut terbakar di Desa Cot Manggeng, Kecamatan Babahrot Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh Senin malam, 18 Juli 2022, sekira pukul 18:36 WIB.

Kepala Dinas Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya, Armayadi mengatakan awalnya personel Damkar di Pos Damkar Kecamatan Kuala Batee menerima laporan bahwa telah terjadi kebakaran lahan di tempat kejadian perkara (TKP).

"Tim bersama armada dari Pos Kuala Batee langsung ke lokasi untuk melakukan pemantauan dan berkoordinasi dengan Polsek dan Kepala Desa (Kades) setempat untuk melakukan langkah-langkah penanganan dan soal penyebab kejadian masih dalam proses penyelidikan," kata Armayadi, Rabu, 20 Juli 2022.

Lanjutnya, dalam melakukan penanganan pihaknya menurunkan 2 armada Damkar, 1 dari Pos Kuala Batee dan dari Pos Induk Blangpidie. Selain itu juga diturunkan 2 Mesin Karhutla portable untuk memadamkan api.

"Akibat kejadian itu lebih kurang setengah hektar lahan terbakar. Api berhasil di padamkan sehingga tidak menjalar lebih luas," ucapnya.

Dia berujar, sulitnya akses menuju TKP menjadi hambatan proses penanganan. Namun demikian, api berhasil di padamkan dan dilakukan pendinginan berkat kerja sama yang solid dari Tim BPBK, TNI-Polri dan masyarakat.

"Jadi meski demikian kita terus melakukan pemantauan," katanya.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya