News Senin, 02 Mei 2022 | 16:05

Lebaran 2022 Sebanyak 85,5 Juta Pemudik, Jokowi Wanti-wanti soal Arus Balik

Lihat Foto Lebaran 2022 Sebanyak 85,5 Juta Pemudik, Jokowi Wanti-wanti soal Arus Balik Presiden Jokowi saat memberikan keterangan di Keraton Yogyakarta, Senin, 2 Mei 2022. (Foto: Setkab)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Sedikitnya 85,5 juta masyarakat Indonesia melakukan perjalanan mudik pada perayaan Idufitri 1443 Hijriah atau Lebaran 2022 ini.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam keterangan di selepas melakukan silaturahmi di Keraton Yogyakarta, Senin, 2 Mei 2022. 

Menurut Presiden Jokowi jumlah pemudik lebaran tahun ini memang diikuti oleh jumlah masyarakat yang tidak sedikit. 

Selain 85,5 juta masyarakat, sebanyak 23 juta mobil, dan 17 juta sepeda motor melakukan perjalanan.

Presiden menyampaikan rasa syukur, arus mudik kali ini cukup terkendali meski sempat ada kendala di dua lokasi, yakni Pelabuhan Merak dan Bakauheni. 

Baca juga:

Silaturahmi Idul Fitri, Jokowi dan Prabowo Bicara Kecocokan Tinggal di Bogor

Menurutnya hal tersebut dikarenakan volume kendaraan yang tidak sebanding dengan kapasitas dermaga.

“Memang volume kendaraannya yang terlalu banyak, tidak sesuai dengan kapasitas dermaga, tidak sesuai dengan kapasitas kapal yang ada. Tetapi memang kapalnya sudah disiapkan, ditambah, dari 30-an menjadi 50-an, tetapi juga belum cukup. Tambah lagi dermaganya dua lagi, baru bisa mengurangi,” jelasnya.

Melihat arus mudik lancar dan terkendali, Presiden Jokowi kemudian berharap hal serupa juga berlangsung saat arus balik. Dia meminta masyarakat melakukan perjalanan balik lebih awal.

“Jumlah yang betul-betul banyak sekali sehingga saya mengimbau untuk kembalinya agar juga ada yang lebih awal. Jangan semuanya nanti kembali arus baliknya semuanya di hari Sabtu dan hari Minggu, pasti akan terjadi titik-titik kemacetan, terutama di tol, maupun di jalan nasional, maupun di Merak-Bakauheni,” tandasnya. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya