Pilihan Jum'at, 05 Agustus 2022 | 13:08

Legenda Danau Toba, Miniaturnya Ada di Desa Siallagan Samosir

Lihat Foto Legenda Danau Toba, Miniaturnya Ada di Desa Siallagan Samosir Miniatur Legenda Danua Toba di Desa Siallagan, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara. (Foto: Facebook Bachtiar Situmorang)
Editor: Tigor Munte

Medan - Jika Anda ke Kabupaten Samosir, Sumatra Utara, jangan pernah melewatkan salah satu destinasi yang merupakan miniatur legenda Danau Toba. Lokasi persisnya di Desa Siallagan, Kecamatan Simanindo. 

Miniatur legenda itu ada juga divisualisasi di channel YouTube JeBethree STUM, diunggah pada 3 Agustus 2022.

Dalam deskripsinya, dituliskan pula cerita rakyat atau legenda terbentuknya danau vulkanik itu dan Opsi coba menuliskan ulang, Jumat, 5 Agustus 2022. 

"Konon, Danau Toba merupakan sebuah dataran kering yang dihuni seorang pria bernama Toba.

Suatu hari, ketika Toba memancing, dia mendapatkan seekor ikan Mas ajaib. Disebut ajaib, karena tiba-tiba sang ikan berubah menjadi seorang wanita cantik. 

Kecantikan sang wanita membuat Toba jatuh cinta kepadanya yang selanjutnya menikahinya dengan satu perjanjian atas permintaan sang wanita, bahwa Toba tidak akan mengungkit asal muasalnya dari ikan kepada anaknya kelak.

Kemudian keluarga ini melahirkan anak yang diberi nama Samosir. Sayangnya si anak bertumbuh menjadi pembangkang dan sering menguji kesabaran ayahnya.

Suatu hari sang ibu menyuruh anaknya, Samosir untuk mengantarkan makanan ayahnya yang sedang bekerja di ladang. 

Namun sang anak tidak melaksanakannya. Samosir malah pergi bermain-main seharian, bahkan makanan ayahnya disantap ludes. 

Ketika ayahnya mengetahui hal tersebut, si ayah murka. Lalu menyumpahi si Samosir, dan mengatakan bahwa di anak ikan.

Tanpa sengaja Toba telah melanggar janjinya. Saat itu juga, dari jejak kaki Toba muncul mata air yang mengalir sangat deras. 

Mata air itu tidak bisa berhenti dan akhirnya menenggelamkan desa di mana Toba tinggal beserta beberapa desa di sekitarnya. 

Istri Toba pun berubah kembali dalam bentuk ikan dan menceburkan dirinya ke dalam genangan air danau. Sedangkan Samosir berhasil selamat setelah berlari ke atas bukit di tengah danau. 

Cerita rakyat inilah yang dipercaya masyarakat menjadi awal mula terbentuknya Danau Toba dan Pulau Samosir"

Baca juga:

Ihan Batak Terancam Punah di Danau Toba, Pemkab Dairi Lakukan Konservasi

Anda percaya dengan cerita rakyat ini? Namaya saja cerita rakyat. Dan ini adalah salah satu kekayaan warisan leluhur orang Batak. 

Melansir katadata.co.id, legenda adalah jenis prosa naratif yang dianggap pernah terjadi oleh si pencerita dan pendengarnya. 

Legenda berhubungan dengan asal mula terjadinya suatu benda atau tempat. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), legenda adalah cerita rakyat pada zaman dahulu yang ada hubungannya dengan peristiwa sejarah. 

Contoh legenda adalah Si Malin Kundang, Candi Prambanan, Sangkuriang, Kisah Wali Songo, dan Legenda Danau Toba.

Disebut bahwa ciri-ciri legenda, diantaranya pembuat cerita menganggap kejadian sungguh pernah terjadi. 

Bersifat sekuler, terjadinya pada masa yang belum begitu lampau, dan bertempat di dunia yang dikenal saat ini. 

Tokoh utama dalam legenda adalah manusia. Sejarah kolektif, maksudnya sejarah yang mengalami distorsi karena seringkali dapat jauh berbeda dari kisah aslinya. 

Bersifat migrasi, yakni dapat berpindah-pindah sehingga dikenal luas di daerah-daerah yang berbeda. 

Bersifat siklus, yaitu sekelompok cerita yang berkisar pada suatu tokoh atau kejadian tertentu. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya