Hiburan Jum'at, 15 September 2023 | 07:09

Lepas Single Mesra Tanpa Kata, Rangkai Ajak Sekaranggi Jadi Kolaborator

Lihat Foto Lepas Single Mesra Tanpa Kata, Rangkai Ajak Sekaranggi Jadi Kolaborator Artwork single Mesra Tanpa Kata milik Rangkai. (Foto: Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Unit trio etnik, Rangkai menyapa para pendengar musik Indonesia dengan melepas single anyar bertajuk Mesra Tanpa Kata. Tembang ini, digarap bersama solois perempuan Sekaranggi sebagai rekan duetnya.

Lewat keterangan tertulisnya, Rangkai yang diperkuat Mirza (Gitar Klasik) dan Rai (Kontrabas) dan Bimo (Vokal, Gender/gamelan Jawa), mengatakan bahwa lagu baru ini sejatinya merupakan karya lama mereka yang pada akhirnya dirilis.

"Lagu ini sebenarnya adalah salah satu karya pertamanya Rangkai yang saat itu Bimo sudah punya liriknya dan tiba-tiba ngasih ke gue," tutur Mirza, dikutip Opsi pada Jumat, 15 September 2023.

"Gue inget, waktu gue berusaha bikin komposisinya seberisi mungkin karena pada masa itu formasi kami hanya berdua, belum ada Rai yang main Kontrabas, cuma gitar klasik dan vokal," ucap dia.

Single Mesra Tanpa Kata yang dilepas pada Jumat, 15 September 2023 merupakan bagian dari album perdana Rangkai bertajuk Hening Meriuh yang siap dirilis di masa depan. Sebelumnya, tembang berjudul Seperti Rindu sudah dilepas lebih dulu.

Album Hening Meriuh yang nantinya bakal dirilis di bawah panji label Setengah Lima Records, berisi total 10 lagu yang diniscayakan dapat dinikmati semua kalangan untuk berbagai suasana hati pendengarnya.

Pemilihan tanggal perilisan single Mesra Tanpa Kata diambil lantaran bertepatan dengan Safar, bulan kedua pada kalender Hijriyah. Para personel Rangkai bilang, Safar dalam bahasa Arab berkata dasar ’shifr’ yang artinya kosong atau nol.

"Di situlah Mesra Tanpa Kata terlahir mewakili suatu kemesraan yang tidak tendensius, tanpa gelora nafsu, bahkan tanpa kata-kata. Hanya ada mesra. Titik," ucap mereka.

Unit trio akustik, Rangkai. (Foto: Istimewa)

Rangkai menjelaskan, pada penanggalan wuku nenek moyang, 15 September 2023 jatuh pada hari pasaran Wage, tepatnya Jumat Wage. Apabila (seseorang) mempunyai weton Jumat Wage, kata mereka, maka kepribadiannya cenderung berhati lembut dan memiliki pikiran bersih.

"Dengan begitu, `Mesra Tanpa Kata` adalah lagu yang Rangkai harapkan dapat melembutkan hati dan membantu membersihkan pikiran para pendengarnya," kata mereka.

Di sisi lain, Sekaranggi yang didaulat menjadi kolaborator mengaku senang saat diminta ikut terlibat dalam penggarapan lagu ini. Menurutnya, kolaborasi ini memberikan kesempatan baginya untuk bereksplorasi dalam bermusik.

"Seneng, sih. Aku bawain lagu yang, mungkin bisa dibilang, di luar zona nyamanku, yaa. Jadi bisa belajar dan explore lebih dalam lagi, terutama karena Rangkai ada warna etniknya. Untuk Rangkai, terima kasih atas kesempatannya, sukses selalu ke depannya," ucap Sekaranggi.

Baca juga: Gabung Setengah Lima Records, Rangkai Rilis Single Seperti Rindu

Baca juga: Sekaranggi Usung Warna Baru dalam Bermusik di EP Anyar Once a True Love

Saat ini, single Mesra Tanpa Kata milik Rangkai featuring Sekaranggi sudah dapat didengarkan di berbagai platform pemutar musik digital. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya