News Selasa, 15 Maret 2022 | 20:03

Letjen TNI Suharyanto: Kita Siap Menyambut MotoGP Mandalika

Lihat Foto Letjen TNI Suharyanto: Kita Siap Menyambut MotoGP Mandalika Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto. (Foto: BNPB)
Editor: Tigor Munte

Lombok Tengah - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto mengatakan bahwa ketahanan kelompok masyarakat dari Covid-19 jelang perhelatan MotoGP Mandalika 2022 sudah semakin baik.

Dia kemudian menekankan hal itu perlu terus ditingkatkan melalui program percepatan vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan, khususnya memakai masker.

Untuk itu, percepatan vaksinasi dan pembagian masker gratis yang diinisiasi oleh BNPB bersama komponen Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat dilakukan sejak Jumat, 12 Maret 2022 akan diteruskan hingga Jumat, 18 Maret 2022.

Adapun pelaksanaannya menyasar kepada warga sekitar, siswa sekolah, pelaku usaha, pelaku wisata dan pelaku adat dan budaya, khususnya yang ada di Lombok Tengah.

Vaksinasi yang diberikan kepada masyarakat itu diharapkan dapat mengurangi risiko pemburukan jika terpapar Covid-19. Selain itu, pembagian masker secara gratis bertujuan untuk mengurangi ancaman terpapar virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

“Dengan percepatan vaksinasi saat sebelum dan sesudahnya (ajang MotoGP), karena ini masih dalam masa pandemi, maka diharapkan tidak terjadi lonjakan kasus,” ujar Suharyanto usai meninjau pelaksanaan vaksinasi di RS Mandalika, Lombok Tengah, NTB, Selasa, 15 Maret 2022.

“Diharapkan pada pelaksanaan MotoGP nanti protokol kesehatan dari masyarakat sebagai tuan rumah, penonton, atlet ini dapat terjaga dengan baik,” imbuhnya.

Baca juga: Sandiaga Uno dan Hadi Tjahjanto Resmikan Media Center Indonesia MotoGP 2022

Pada kesempatan itu, Suharyanto turut mengapresiasi keseriusan pemerintah daerah serta dukungan kolaborasi lintas sektor yang mampu membuat Nusa Tenggara Barat menjadi satu-satunya provinsi dengan PPKM level 1.

Hal ini menjadi bukti bahwa Nusa Tenggara Barat, khususnya Lombok Tengah siap menyambut perhelatan MotoGP Mandalika 2022 dan membangun kepercayaan secara internasional terhadap Indonesia.

“Kami siap menyambut MotoGP dan hal ini menjadi bentuk kepercayaan publik secara nasional maupun internasional terhadap Indonesia,” jelas Suharyanto.

Suharyanto beserta jajaran turut meninjau kesiapan RSUD Mandalika sebagai salah satu rumah sakit yang dipersiapkan untuk penanganan Covid-19, baik bagi masyarakat, atlet/pebalap maupun seluruh yang terlibat dalam ajang MotoGP Mandalika 2022.

Dalam peninjauan itu, Suharyanto melihat fasilitas tempat isolasi mandiri bagi pasien Covid-19 yang tidak bergejala, tempat penanganan bagi pasien dengan kondisi gejala sedang hingga berat dengan fasilitas tempat tidur serta Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Mantan Pangdam V Brawijaya itu juga memastikan bahwa RS Mandalika telah siap mendukung ajang event skala internasional MotoGP Mandalika 2022 yang akan digelar pada Jumat, 18 Maret hingga Minggu, 20 Maret, baik dari segi sarana, prasarana maupun sumber daya manusia.

“Sudah cukup baik. Sarana dan prasarana sudah siap,” ungkap Suharyanto.
Nusa Tenggara Barat telah menyentuh angka lebih dari 96 persen untuk capaian vaksinasi dosis pertama dan lebih dari 80 persen untuk dosis kedua. Saat ini pemerintah daerah dan dinas kesehatan setempat terus mengencarkan upaya pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya