News Senin, 27 Februari 2023 | 11:02

Lewat Video TikTok, Pria Ini Sebut Tak Ada Balapan F1 Powerboat di Danau Toba

Lihat Foto Lewat Video TikTok, Pria Ini Sebut Tak Ada Balapan F1 Powerboat di Danau Toba Pria yang menyebut tak ada F1 Powerboat di Danau Toba. (Foto: Tangkapan Layar)
Editor: Tigor Munte

Medan - Seorang pria yang mengaku sedang berada di Danau Toba, menyebut tidak ada lomba balap perahu motor cepat atau F1 Powerboat di danau vulkanik terbesar di Indonesia itu.

Pria ini mengungkapkan lewat sebuah video pendek di media sosial TikTok yang dilihat Opsi di akun Twitter Jhon Sitorus @Miduk17, Senin, 27 Februari 2023.

Video dishare melalui akun TikTok @tutorialbadmimton. Pria mengenakan jaket hitam berdiri dengan latar belakang Danau Toba.

"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, guys, kawan-kawan, sedulur, lae-laeku semua, hari ini kita berada di Danau Toba," katanya di awal video.

"Di Danau Toba, ya inilah Danau Toba. Gak ada powerboat F1H20, yah, balap powerboat di Danau Toba, Parapat, gak ada," katanya.

"Oke, yang ada kapal besar ini," katanya menunjukkan sebuah kapal tengah berlayar di tengah danau.

"Gak ada, tanda-tanda pun gak ada. Oke, assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh," ucapnya mengakhiri video tersebut.

Belum diketahui identitas pria tersebut. Namun caption video yang dibaginya bertuliskan, "F1H20 Apakah Hoaks?"

Merespons video tersebut, Jhon Sitorus menyebut, pria tersebut katak di bawah tempurung. Karena menurutnya, Danau Toba itu luas.

Pria itu kata Sitorus adalah orang yang nyasar atau salah lokasi. 

"Beginilah kalo KATAK DALAM TEMPURUNG. Orang ini pikir Danau Toba sebesar danau Sunter kali ya. Dengan bangganya dan pede sebar HOAX bahwa Formula 1 H20 Powerboat itu ga ada di danau Toba. Ternyata dia NYASAR dan salah lokasi. Kau sukses PERMALUKAN dirimu kawan," ungkapnya.

BACA JUGA: Polri Terjunkan Personel Jago Bahasa Inggris di Ajang Balap F1 Powerboat Toba

Diketahui, F1 Powerboat di Danau Toba digelar di Balige, Kabupaten Toba, Sumatra Utara, sejak 24-26 Februari 2023.

Di puncak event itu, Presiden Joko Widodo hadir sekaligus menyerahkan piala kepada juara.

Jokowi mengaku baru pertama kali menyaksikan ajang F1 Powerboat. Dia menyebut, lomba berlangsung sangat seru untuk disaksikan. 

BACA JUGA: Deretan Artis Top Batak dan Penari Tortor Ikut Meriahkan F1 Powerboat Danau Toba

"Ini merupakan pengalaman pertama yang dirasakan," katanya usai menyaksikan F1 Powerboat Danau Toba 2023 di Pelabuhan Muliaraja Napitupulu, Balige, Minggu, 26 Februari 2023.

Presiden mengatakan sebuah event internasional yang bergulir di setiap daerah akan membangun sebuah brand baru. 

“Ya, saya bicara apa adanya ya, ini adalah sebuah event yang sangat seru sekali dan saya baru pertama kali melihat F1 Powerboat ini. Diharapkan event internasional ini bisa membangun brand di Danau Toba,” kata Jokowi. 

Disebutnya, beberapa event olahraga internasional yang sudah terselenggara di Indonesia membawa dampak ekonomi yang baik pada setiap daerah. 

Ada MotoGP di Mandalika, Formula E di Jakarta, hingga yang sekarang ini adalah F1 Powerboat Danau Toba. 

“Saya kira (event olahraga internasional) ini akan men-trigger ekonomi daerah. Tentu ini sangat bagus sekali. Semua akan kita jajaki,” ujarnya. 

Diketahui, balapan F1 Powerboat race pertama dimenangkan Bartek Marszalek. Lalu disusul di posisi kedua dan ketiga adalah Sami Selio serta Erik Stark. 

Setelah itu, penyelenggara menggelar race kedua dan telah berlangsung empat putaran. 

Namun, balapan air itu dihentikan karena alasan keselamatan karena cuaca dan angin kencang, sehingga tinggi ombak mencapai 1,5 meter. Ini dinilai membahayakan untuk para pembalap. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya