Daerah Kamis, 13 Oktober 2022 | 16:10

Lima Eksavator Dikerahkan untuk Bersihkan Material Longsor di Jalan Poros Mamuju-Mamasa

Lihat Foto Lima Eksavator Dikerahkan untuk Bersihkan Material Longsor di Jalan Poros Mamuju-Mamasa Material tanah longsor yang masih menggunung di Dusun Batang Barana, Desa Sondoang, Kecamatan Kalukku, Mamuju, Sulbar. (Foto: Opsi/Eka)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Eka Musriang

Mamuju - Sebanyak lima unit eksavator dikerahkan untuk membersihkan material tanah longsor yang menutup jalan poros penghubung Mamuju, Bonehau, Kalumpang dan Mamasa.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sulawesi Barat (Sulbar), Aksan, saat diwawancarai wartawan, Kamis, 13 Oktober 2022.

Aksan mengungkapkan, sudah ada satu unit eksavator yang sedang melakukan pembersihan materia longsor di Dusun Batang Barana, Desa Sondoang, Kecamatan Kalukku, Mamuju, Sulbar.

"Sekarang baru satu alat berat sedang bekerja membersihkan material tanah longsor," kata Aksan.

Ia juga mengungkapkan, pihaknya masih menunggu sejumlah alat berat yang didatangkan dari kabupaten Mamasa, Majene dan Polman untuk bersihkan jalan.

"Semua proyek kita hentikan dulu, kita fokus untuk penanganan bencana alam yang terjadi," katanya.

Sedikitnya, kata Aksan, lima alat berat akan diturunkan untuk membersihkan puluhan titik longsor di lokasi, lantaran jika hanya satu sampai dua alat berat tidak akan mampu membersihkan material longsor tersebut.

"Kita selesaikan dulu titik yang paling parah, baru kita bergeser ke desa Pamulukang," kata Aksan.

Terlihat, material tanah longsor yang terdiri dari batu dan kayu masih menggunung di tengah-tengah jalan poros. Akibatnya, kendaraan roda empat dan roda dua belum bisa melintas.

Selain itu, ribuan warga yang terdampak belum mendapatkan bantuan akibat akses jalan sulit dilintasi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya