Daerah Selasa, 27 September 2022 | 18:09

Lomba Bertutur Cerita Rakyat Sumut, 50 Siswa SD di Medan Bersaing

Lihat Foto Lomba Bertutur Cerita Rakyat Sumut, 50 Siswa SD di Medan Bersaing Seorang siswa SD mengikuti lomba Bertutur Cerita Rakyat Sumut yang digelar Pemko Medan. (Foto: Opsi/Istimewa)
Editor: Andi Nasution

Medan - Pemko Medan melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar lomba Bertutur Cerita Rakyat Sumatra Utara mulai Selasa-Rabu 27-28 September 2022.

Selain untuk memperingati hari literasi nasional, kegiatan yang digelar bertujuan meningkatkan minat baca masyarakat guna mewujudkan visi dan misi Wali Kota Bobby Nasution dalam memajukan Kota Medan.

Lomba yang diikuti 50 murid SD se Kota Medan ini juga dirangkai dengan pemilihan Duta Baca Kota Medan Tahun 2022.

Asisten Umum Renward Parapat membacakan sambutan Wali Kota Bobby Nasution, minat baca merupakan aktor utama dalam meningkatkan kualitas masyarakat dalam segi pendidikan, baik dari segi formal maupun informal.

Menurutnya, saat ini minat baca masih menjadi masalah yang belum terselesaikan, padahal telah banyak usaha yang dilakukan dalam meningkatkan minat baca masyarakat.

"Saya sangat mengapresiasi terlaksananya perlombaan dan pemilihan duta baca Kota Medan. Tentunya kegiatan ini memberikan banyak manfaat dan sebagai salah satu cara membentuk nilai positif bagi masyarakat sebagai bagian dari usaha kita bersama untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, dan memelihara kekayaan adat dan budaya," katanya.

Dikatakan, upaya pembudayaan membaca harus ditanamkan dan dilatih pada anak- anak sedini mungkin serta dilakukan secara komunikatif. Sebab penanganan budaya baca tidak cukup hanya oleh guru atau komunitas di sekolah, tetapi peran orang tua, masyarakat maupun pemerintah juga merupakan faktor yang cukup penting.

Sedangkan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan, Adlan mengungkapkan, lomba Bertutur Cerita Rakyat Sumut yang digelar dari tanggal 27-28 September 2022 ini, dalam rangka memperingati hari literasi nasional, dan juga untuk meningkatkan minat baca masyarakat dalam mewujudkan visi dan misi Wali Kota Bobby Nasution guna memajukan Kota Medan.

"Lomba yang diikuti 50 pelajar SD se Kota Medan ini diharapkan dapat memberikan paradigma baru untuk menarik minat masyarakat dalam mencari informasi atau ilmu pengetahuan agar lebih kreatif dan inovatif. Selain itu kegiatan yang diisi dengan pemilihan duta baca Kota Medan ini, juga dapat menggugah kesadaran dan rasa percaya diri untuk menggali potensi dan meningkatkan minat baca masyarakat Kota Medan," sebutnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya