Daerah Senin, 10 Juli 2023 | 17:07

Lomba Desa-Kelurahan Tingkat Provinsi Sumut, Susanti: Evaluasi Perkembangan Pembangunan

Lihat Foto Lomba Desa-Kelurahan Tingkat Provinsi Sumut, Susanti: Evaluasi Perkembangan Pembangunan Wali Kota Pematang Siantar, dr Susanti Dewayani. (Foto: Istimewa)

Siantar - Kelurahan Mekar Nauli, Kecamatan Siantar Marihat, menjadi utusan Kota Pematang Siantar untuk mengikuti lomba desa/kelurahan tingkat Provinsi Sumatra Utara (Sumut) Tahun 2023.

Penilaian terhadap Kelurahan Mekar Nauli oleh tim dari Provinsi Sumut dihadiri Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA, Senin, 10 Juli 2023.

Susanti dan Ketua PKK Kota Siantar H Kusma Erizal Ginting menyambut kedatangan tim penilai yang diketuai M Liga Dakwah Daulay bersama rombongan dengan penyematan pakaian adat Simalungun serta penampilan Tortor Sombah.

Dalam sambutannya, Susanti menjelaskan lomba tersebut merupakan sebuah barometer keberhasilan pembangunan yang dilaksanakan di daerah.

"Tujuannya untuk mengevaluasi perkembangan pembangunan di suatu wilayah terhadap desa dan kelurahan serta meningkatkan motivasi bagi desa dan kelurahan," ujarnya.

Ia menyampaikan, pelaksanaan pembangunan di tahun 2023 mengusung tema Tata Kelola Pemerintahan yang baik dalam Mewujudkan Stabilitas Ekonomi dan Sosial Desa ataupun Kelurahan.

Melalui tema tersebut, diharapkan kondisi desa dan kelurahan pasca pandemi Covid-19 terus bangkit dan melakukan stimulus ekonomi dan sosial.

Dengan bangkitnya perekonomian melalui penilaian desa ataupun kelurahan, ia berharap semua pihak dapat menghadapi dan mengempang isu-isu seperti kemiskinan, inflasi, stunting, dan isu-isu strategis lainnya.

"Desa dan kelurahan menjadi ujung tombak ataupun barisan terdepan dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat," tuturnya.

Di dalam pelaksanaan evaluasi, sambungnya, diharapkan perangkat desa ataupun kelurahan mempunyai kompetensi, inovasi, dan terobosan dalam melayani masyarakat secara maksimal.

"Tentunya dukungan dari seluruh masyarakat sangat dibutuhkan. Kami ucapkan terima kasih kepada Bhabinkamtibmas, Babinsa, RT dan RW, Karang Taruna, Gapoktan, tokoh agama, dan tokoh masyarakat, serta seluruh elemen, agar kita meningkatkan kerja sama dengan baik," tukasnya.

Lebih lanjut, dia berharap penilaian kelurahan tersebut sesuai harapan seluruh masyarakat agar dapat menghasilkan sesuatu yang terbaik.

"Semoga apa yang kita harapkan mendapat rida dari Tuhan Yang Maha Kuasa dan kita selalu diberi kekuatan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab kita," ucap Susanti.

Mewakili Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Ketua Tim Dakwah Daulay menyampaikan kegiatan itu merupakan penilaian hasil prestasi dari hasil yang dicapai oleh desa ataupun kelurahan, serta dalam rangka memberikan motivasi guna mempercepat kemandirian kelurahan dan memberdayakan masyarakatnya.

"Kegiatan ini bertujuan mengetahui efektivitas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan masyarakat," kata Dakwah.

Penilaian Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Sumut Tahun 2023 ini juga diisi dengan ekspose oleh Lurah Mekar Nauli Herry Yunedi Ginting

Hadir pada kegiatan ini, perwakilan Pimpinan Cabang Bank Sumut, Camat Sianțar Marihat Henri Gunawan Purba, sejumlah perwakilan Forkopimcam, Ketua TP PKK Kecamatan Siantar Marihat Fitri Hawani Lubis, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya