News Sabtu, 21 Mei 2022 | 19:05

Luhut Binsar Pandjaitan: Ibu Kota Baru, Kota Modern untuk Generasi Muda

Lihat Foto Luhut Binsar Pandjaitan: Ibu Kota Baru, Kota Modern untuk Generasi Muda Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Facebook)
Editor: Tigor Munte

Balikpapan - Proses pemindahan kantor-kantor utama pemerintahan pusat dari Jakarta ke Ibu Kota Negara (IKN) baru Nusantara yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur diharapkan selesai pada kuartal kedua 2024.

Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan itu saat menjadi pembicara kunci para perayaan Dies Natalis ke-60 Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) di Balikpapan, Sabtu, 21 Mei 2022.

Menteri Luhut memaparkan, saat ini pembangunan Indonesia jauh lebih merata. Banyak industri baru tumbuh di Kalimantan, seperti pembangunan industri energi baru di Kalimantan Utara, serta pembangunan Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur.

“Investasi yang dulu hanya berpusat di Jawa dan Sumatera, kini tersebar ke berbagai daerah lain, termasuk Kalimantan. Di sinilah para pemuda, termasuk GAMKI, harus memainkan perannya, karena banyak sekali lapangan kerja serta program-program UMKM terbuka luas,” ungkap Luhut.

Baca juga:

Bertemu DPP GAMKI, Dubes Jerman: Perang Rusia-Ukraina Sebabkan Naiknya Harga Minyak Dunia

Dia kemudian menyampaikan apresiasi atas terlaksananya Apel Ikrar Kebangsaan Pemuda Lintas Agama di Titik Nol Ibu Kota Negara Nusantara, Jumat, 20 Mei 2022.

Menteri Luhut meyakinkan, pembangunan ibu kota negara baru menarik minat  besar dari investor mancanegara. Ia menegaskan, tidak benar jika dibilang pembangunan IKN minim pendanaan.

“Saya sudah bertemu Mohammed Bin Salman, putra mahkota Kerajaan Arab Saudi, yang menyatakan akan berinvestasi sangat besar. Selain itu, Uni Emirat Arab melalui Indonesian Investment Fund juga menyiapkan investasi 20 miliar Dolar AS,” kata Luhut.

Ia menggarisbawahi, IKN Nusantara diperuntukkan bagi generasi muda yang menikmatinya di masa mendatang. Bentuknya tak akan kalah dengan pembangunan kota modern Neom di Arab Saudi, Dubai di Uni Emirat Arab, serta Shenzhen di Tiongkok. 

“IKN will be world-class city for all. Sudah banyak pihak memberi hormat atas konsep kita membangun ibu kota baru,” kata Luhut.

Di akhir pesannya, Luhut menegaskan agar GAMKI harus berani menyatakan kebenaran. 

“Selamat Dies Natalis. Semoga GAMKI semakin dewasa ke depan. Katakan benar kalau benar, dan salah kalau salah. Masa depan republik ini untuk masa depan kalian,” pungkasnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya