News Selasa, 10 Oktober 2023 | 20:10

Luhut Binsar Pandjaitan Ungkap Kondisi Kesehatannya

Lihat Foto Luhut Binsar Pandjaitan Ungkap Kondisi Kesehatannya Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Facebook)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dikabarkan dalam sepekan terakhir kondisi sakit dan dirawat di rumah sakit.

Menteri kesayangan Presiden Jokowi itu pun mengungkap kondisinya terkini lewat media sosial termasuk di akun Facebooknya, Selasa, 10 Oktober 2023.

Dipetik dari sana, Luhut mengakui dia sakit dan dirawat di rumah sakit. Untungnya, kondisi pensiunan jenderal bintang empat itu sudah mulai membaik.

"Beberapa hari yang lalu setelah menghadiri suatu kegiatan, tiba-tiba saya merasa kelelahan yang amat luar biasa," tutur pria yang kerap disapa LBP itu. 

"Rasa lelah ini tak seperti yang biasa saya rasakan selepas bekerja. Melihat kondisi suaminya yang tidak wajar tersebut, istri saya kemudian berinisiatif membawa saya ke salah satu rumah sakit di Jakarta untuk tindakan preventif lebih lanjut," ungkapnya.

Dengan kondisi yang seperti itu, kata dia, praktis selama beberapa hari tidak diizinkan oleh tim dokter untuk beraktivitas seperti biasa. 

Bahkan untuk sekadar mengecek kabar dan berita terkini yang rutin dia lakukan setiap pagi, tak diperbolehkan oleh istri.  

“Istirahat dan dengarkan tubuhmu dahulu, Pa,” ucapnya saat itu, menirukan ucapan sang istri, Devi br Simatupang.

Sebagai orang yang terbiasa bekerja dan aktif berkegiatan, berada di rumah sakit selama beberapa hari memang membuat LBP cukup bosan.  

Namun dia yakin sikap istri dan keputusan tim dokter adalah yang terbaik untuknya.

"Saya memahami bahwa tugas dan tanggung jawab sebagai pejabat mutlak diketahui oleh publik, untuk itu saya merasa perlu untuk berbagi kabar mengenai kondisi saya," terangnya. 

Setelah mendapat tawaran dari sahabatnya, Senior Minister Teo Chee Hean dan Menlu Singapura Dr Vivian Balakrishnan, LBP menjalani tahap pemulihan di Singapura. 

Sekaligus melakukan pemeriksaan medis dan evaluasi yang lebih komprehensif terkait kesehatannya.

"Beruntungnya, dan sekali lagi inilah misteri hidup yang tak pernah saya bayangkan. Begitu banyak cinta yang datang kepada saya dalam bentuk perhatian dan doa bahkan di saat saya sakit," kata pemilik Del Institute tersebut. 

BACA JUGA: Luhut Pandjaitan Bilang Operasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung Gratis

"Karena itu, saya ingin menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya terkhusus kepada Presiden Joko Widodo yang sudah memberikan tim dokter kepresidenan beserta perawat untuk merawat saya hingga sampai pada kondisi yang telah membaik saat ini," bibirnya kemudian.  

Sebelumnya, juru bicara LBP, Jodi Mahardi menyebut kondisi bosnya baik-baik saja di Jakarta. 

"Kami ingin menginformasikan bahwa saat ini Pak Luhut berada dalam kondisi yang baik dan berada di Jakarta," kata Jodi dikutip dari CNBC Indonesia.

Menurut Jodi, LBP diminta dokter untuk bedrest agar mempercepat pemulihan kesehatan. 

LBP kata Jodi, tidak bisa dipastikan bisa hadir langsung di KTT Forum Negara Pulau dan Kepulauan (Archipelagic and Island States Forum/AIS) di Bali pada 10 Oktober-11 Oktober 2023.

LBP sendiri ditunjuk Presiden Joko Widodo untuk memimpin KTT AIS 2023 di Bali. Ini tertuang dalam pasal 7 Keputusan Presiden RI Nomor 20 Tahun 2023 tentang Panitia Nasional Penyelenggaraan Forum Negara Pulau dan Kepulauan.

Tugas panitia nasional KTT AIS, di antaranya menyusun dan menetapkan rencana induk, termasuk menentukan tema dan agenda rangkaian kegiatan pertemuan ini.

Mereka juga bertugas menyusun dan menetapkan rencana kerja dan anggaran penyelenggaraan, melakukan persiapan dan penyelenggaraan, dan melakukan monitoring penyelenggaraan KTT. 

Selain itu, panitia nasional juga bertugas melakukan evaluasi hingga menyusun laporan penyelenggaraan KTT. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya