Daerah Rabu, 30 Maret 2022 | 17:03

Mahasiswa di Makassar Demo-Blokade Jalan Tolak Penundaan Pemilu dan Jokowi Tiga Periode

Lihat Foto Mahasiswa di Makassar Demo-Blokade Jalan Tolak Penundaan Pemilu dan Jokowi Tiga Periode Mahasiswa di Makassar gelar aksi demo tolak Jokowi tiga periode. (Foto: Opsi/RA)
Editor: Rio Anthony

Makassar - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Makassar, berunjuk rasa di depan kantor DPRD Provinsi Sulsel, Rabu 30 Maret 2022. Meneka berorasi menolak Joko Widodo tiga periode.

Selain melakukan orasi ilmiah, mereka juga membakar ban bekas hingga memblokade jalan Urip Sumohardjo, Kota Makassar. Akibatnya, arus lalu lintas di jalan protokol antar provinsi itu pun lumpuh total.

Ketua umum HMI Cabang Makassar, Muh Arsyijailolo mengatakan, jika penundaan pemilihan umum (pemilu) seperti yang dicanangkan pemerintah yang berimplikasi perpanjangan periodesasi masa jabatan presiden, melanggar konstitusi.
Sehingga, ia mengultimatum Presiden Jokowi untuk menyatakan tidak ada penundaan pemilu.

"Menolak keras penundaan Pemilu karena melanggar konstitusi," kata Arsyi dalam orasinya.

Penundaan pemilu terus digaungkan oleh sejumlah kelompok di Indonesia. Sehingga Arsyi meminta agar Jokowi tidak tinggal diam yang seakan melakukan pembiaran, yang melanggar konstitusi.

Jokowi segera angkat suara dan tegas mengatakan jika pemilu tetap dilaksanakan sesuai dengan jadwal pada keputusan Undang-Undang.

"Kami mengultimatum Presiden Jokowi dalam waktu 2x24 jam. Kalau tidak, kami akan terus melakukan demo," ungkapnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya