News Sabtu, 01 Oktober 2022 | 10:10

Mahfud Md: Pancasila Selalu Ditentang Tapi Selalu Menang

Lihat Foto Mahfud Md: Pancasila Selalu Ditentang Tapi Selalu Menang Menkopolhukam Mahfud Md. (foto: istimewa).

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md mengucapkan selamat Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022.

Baginya, arti Pancasila sakti adalah ideologi ini selalu menjadi tempat kembali dan kesepakatan sebagai ideologi negara setiap ada ancaman bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Pancasila sering diuji dan ditentang tapi selalu menang. Itu arti Pancasila sakti," kata Mahfud melalui akun Twitter-nya, dikutip Sabtu, 1 Oktober 2022.

Mahfud menekankan, Kesaktian Pancasila minimal bisa dicatat dalam empat hal.

Pertama, melalui debat filosofi di Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau BPUPK dan PPK (1945), kesepakatannya adalah Pancasila.

Kedua, melalui perlawanan fisik oleh Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII), Partai Komunis Indonesia (PKI), Republik Maluku Selatan (RMS), dan lain-lain. Namun demikian, yang menang tetap Pancasila.

Ketiga, melalui prosedur konstitusional (Pemilu) pilihannya tetap Pancasila.

Keempat, dalam kehidupan sehari-hari pun jika kita berselisih atau terjadi konflik politik maka masing-masing mengajak penyelesaian sesuai dengan Pancasila.

"Yang penting kita perhatikan adalah meningkatkan penghayatan atas nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Mahfud Md. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya