Hiburan Rabu, 15 Juni 2022 | 16:06

Makki Ungu dan Iwan Discus Kolaborasi di Proyek Musik Iwan & Makki Collective

Lihat Foto Makki Ungu dan Iwan Discus Kolaborasi di Proyek Musik Iwan & Makki Collective Grup musik Iwan & Makki Collective. (Foto: Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Pemain bas grup band Ungu, Makki Parikesit tergabung dalam proyek musik baru bernama Iwan & Makki Collective, bersama personel unit rock progresif Discus, Iwan Hasan.

Kelahiran proyek musik Iwan & Makki Collective ditandai dengan diluncurkannya single perdana berjudul Ragu - Sibincar Layo yang menggaet Fitra Chord Barus, sebagai vokalis.

Tembang ini merupakan medley dari lagu Ragu yang diciptakan oleh Iwan dan Fitra, dengan lagu tradisi Karo berjudul Sibincar Layo yang diciptakan oleh almarhum nenek kandung Fitra, yaitu Tipan Br. Sembiring (1906 – 1997) pada paruh pertama abad ke 20.

Lagu Sibincar Layo telah cukup dikenal di kalangan masyarakat Karo. Liriknya, bercerita tentang seseorang yang berusaha meyakinkan orang yang dicintainya agar tidak lagi ragu-ragu untuk memutuskan menerima cintanya.

Sedangkan lirik lagu Ragu ditulis oleh Fitra bertema sama dan ditulis sebagai interpretasi lirik Sibincar Layo dalam versi jaman kini. 

Grup musik Iwan & Makki Collective. (Foto: Istimewa)

Demi menguatkan karakter budaya Karo, Iwan & Makki Collective juga melibatkan musisi tradisional Junianto Meliala (perkusi Karo) dan Mardi Sembiring (Sarune), sebuah alat musik tiup tradisonal yang saat ini sudah termasuk langka pemainnya, dalam penggarapan lagu ini.

Selain kedua nama tersebut, terdapat juga Yessi Kristianto (keyboard) dan Cliff Sumeisey (drums) yang ikut terlibat pada penggarapan single ini.

Lagu ini mencampurkan elemen musik pop dengan elemen-elemen jazz, rock progresif dan alat musik tradisional Karo. Lagu ini dibuat dengan tiga versi: versi standar, radio edit dan extended version.

Single Ragu - Sibincar Layo (versi radio edit) yang dirilis di bawah bendera JD Productions ini, sudah bisa dinikmati disemua digital music platform, dan videoclip-nya juga bisa disaksikan di kanal YouTube.

Baca juga: Pesta Musik Cadas DistorsiKERAS Magnumentary Festival 2022 Siap Digelar di Akhir Tahun

Baca juga: Rayakan Ulang Tahun ke-12, Fans Kumpulkan Eks Personel Boomerang

Rencananya, Iwan & Makki Collective akan menggarap single selanjutnya, tentu saja dengan karakter musik yang berbeda.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya