News Minggu, 19 Februari 2023 | 16:02

Maman Imanulhaq Salurkan Sumbangan Pembangunan Gedung IPHI Sindangwangi Majalengka

Lihat Foto Maman Imanulhaq Salurkan Sumbangan Pembangunan Gedung IPHI Sindangwangi Majalengka Anggota DPR RI, KH Maman Imanulhaq. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Memasuki masa reses pada Persidangan III Tahun Sidang 2022-2023, Anggota DPR RI, KH Maman Imanulhaq mengunjungi sejumlah lokasi untuk memberikan edukasi tentang kelegislasian sekaligus menyerap aspirasi masyarakat. 

Pengasuh Ponpes Al Mizan Jatiwangi itu menyambangi Kecamatan Sindangwangi untuk memenuhi undangan dari pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Sindangwangi, Minggu, 19 Februari 2023.

Kedatangan Politisi PKB ke Sindangwangi itu juga untuk meninjau pembangunan gedung IPHI yang masih belum rampung. 

Ia pun menyerahkan sejumlah bantuan kepada pengurus IPHI yang diperuntukkan untuk menyelesaikan pembangunan gedung tersebut.

"Tentu kita semua berharap agar pembangunan gedung yang akan dimanfaatkan untuk publik ini dapat cepat selesai dan nantinya kehadiran gedung IPHI ini bisa memberikan kontribusi yang besar bagi kegiatan masyarakat sekitar," kata Kiai Maman kepada wartawan.

Di sana, ia tak lupa memberikan edukasi tentang proses penetapan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) dan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2023 yang baru diketok beberapa waktu lalu. 

Di waktu serupa, Kiai Maman juga memberikan alasan rasionalisasi kenaikan Bipih sekitar Rp 14 juta ketimbang tahun 2022 lalu.

Dia mengatakan, penetapan BPIH dan Bipih dilakukan melalui proses politik yang cukup panjang sejak usulannya disampaikan Kementerian Agama RI, kemudian Komisi VIII DPR membentuk Panitia Kerja (Panja) Haji. 

Kenaikan Bipih, katanya, tak tertekan lagi meski sejumlah komponen biaya telah dilakukan efisiensi dan Panja Haji telah menyisir seluruh komponen biaya.

"Namun demikian penetapan ini patut diberikan apresiasi karena sangat produktif dan mampu menekan berbagai komponen biaya, sehingga dari usulan Kemenag yang disampaikan, biaya perjalanan haji bisa turun cukup signifikan," ucap Kiai Maman.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya