Daerah Senin, 04 April 2022 | 12:04

Mamasa Diguncang Gempa Bumi Sebanyak Tiga Kali

Lihat Foto Mamasa Diguncang Gempa Bumi Sebanyak Tiga Kali Gempa bumi dengan magnitudo (M)5,5 dirasakan masyarakat di sejumlah wilayah Provinsi Jawa Barat pada Rabu, 16 Maret 2022 pagi pukul 10.00 WIB. (Foto: Ilustrasi)
Editor: Rio Anthony

Mamasa - Tadi pagi, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar), diguncang gempa bumi sebanyak tiga kali.

Menurut Plt Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Irwan Slamet, gempa bumi pertama kali mengguncang wilayah Kabupaten Mamasa sekira pukul 11.37 Wita tadi pagi.

"Gempa bumi yang mengguncang wilayah Kabupaten Mamasa pertama kali berkekuatan 3.6 magnitudo kedalam 5 kilo meter," kata Irwan Slamet, saat dikonfirmasi wartawan Opsi, Senin, 4 April 2022.

Sekira pukul 11.41 Wita, kata Irwan Slamet, gempa bumi kembali mengguncang wilayah Kabupaten Mamasa dengan kekuatan yang sama yakni Magnitudo 3.6.

"Yang ketiga kalinya, sekira pukul 11.52 Wita, dengan kekuatan magnitudo 2.9," katanya.

Ia mengungkapkan, dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, menunjukkan bahwa gempa bumi tersebut termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Saddang yang berdekatan dengan pusat episenter.

"Guncangan gempa bumi ini dirasakan di Mamasa II-III MMI (getaran dirasakan nyata di dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu)," kata Irwan Slamet.

Hingga saat ini, kata Irwan Slamet, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya