Daerah Selasa, 24 Mei 2022 | 12:05

Manasik Haji Diikuti Puluhan Calon Jemaah Haji asal Mamuju

Lihat Foto Manasik Haji Diikuti Puluhan Calon Jemaah Haji asal Mamuju Manasik haji di Masjid Al-Kubah Mamuju, Sulbar. (Foto: Opsi/Eka Musriang)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Eka Musriang

Mamuju - Manasik haji yang dilaksanakan Kanwil Kemenag Mamuju, diikuti puluhan Calon Jemaah Haji Indonesia (CJHI) asal Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar).

Kegiatan yang dilaksanakan di Masjid Al-Kubah Mamuju, Sulbar, tersebut merupakan proses persiapan calon jemaah haji 2022.

Kakanwil Kemenag Mamuju, Mahmuddin mengungkapkan, manasik haji dilakukan beberapa tahap dan dimulai sejak Senin, 23 Mei 2022 kemarin.

"Untuk hari ini, manasik haji diikuti peserta dari dua kecamatan yakni Kecamatan Mamuju dan Kalukku," kata Mahmuddin, saat diwawancarai wartawan, Selasa, 24 Mei 2022.

Ia juga mengungkapkan, dalam manasik haji, peserta CJHI mendapat sejumlah materi terkait apa saja yang dilakukan dalam persiapan untuk berangkat haji.

"Mulai dari berangkat dari rumah, tiba di embarkasi, berangkat ke arab saudi, hingga kembali pulang ke daerah asal," katanya.

Lanjut Mahmuddin menjelaskan, para CJHI diberikan pemahaman, apa saja yang harus dibawah dan tidak boleh dibawah jika berangkat haji.

"Sehingga, mereka bisa lebih siap untuk menunaikan ibadah haji," kata Mahmuddin.

Tahun ini, kata dia, kuota yang diberikan pemerintah pusat untuk jumlah calon haji diri Kabupaten Mamuju, sebanyak 119 orang.

"Jumlah ini masih sangat sedikit dari jumlah sebelumnya yang mencapai 269 orang lebih," katanya.

CJHI asal Kabupaten Mamuju yang sudah berangkat sekira 40 persen dari jumlah kuota jamaah haji. Sehingga, masih ada 60 persen peserta haji yang belum berangkat.

"Kami berharap, tahun depan kuota haji untuk Kabupaten Mamuju bisa lebih banya diberikan," kata Mahmuddin. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya