Hiburan Selasa, 27 Februari 2024 | 00:02

Mantap Jadi Solois Lewat Single Ceriakan Dunia, Pepeng Eks NAIF Janji Rilis Album

Lihat Foto Mantap Jadi Solois Lewat Single Ceriakan Dunia, Pepeng Eks NAIF Janji Rilis Album Artwork single Ceriakan Dunia milik Pepeng eks NAIF. (Foto: Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Musisi Franki Indrasmoro alias Pepeng eks NAIF menapaki karier barunya sebagai solois, usai single perdana bertajuk Ceriakan Dunia miliknya resmi dirilis pada Jumat pekan lalu, 23 Februari 2024.

Single Ceriakan Dunia merupakan lagu yang Pepeng buat pada 2005 lalu, sewaktu ia dan grup band NAIF terlibat dalam penggarapan proyek iklan sebuah produk pasta gigi. Menjadi wajar jika nuansa retro begitu kental di nomor ini.

Tembang yang diniatkan ditulis sebagai jingle tersebut, direkam dalam versi penuh bersama NAIF setahun kemudian, dan sempat masuk dalam album kompilasi Kampus 24 Jam Hits vol.2 yang dirilis secara terbatas di lingkungan IKJ pada tahun 2007 silam.

"Kesan retro yang terdengar di lagu `Ceriakan Dunia` ini menurut gue berasal dari notasi dasar lagu itu sendiri. Karena notasi lagunya akan terdengar begitu walau musiknya diaransemen seperti apapun itu," ucap Pepeng, dalam wawancara bersama jurnalis Opsi, Senin, 26 Februari 2024.

"Memang nadanya sudah firm, dalam arti sudah sekuat itu. Ditambah lagi dengan harmonisasi vokal latarnya. Apalagi gue dulu tulis notasinya memang untuk dinyanyikan NAIF. Jadi nggak heran kalo output-nya akan jadi retro," kata dia lagi.

Musisi, Franki Indrasmoro alias Pepeng eks NAIF. (Foto: Istimewa)

Pepeng kemudian memutuskan untuk merilis ulang single ini dalam versinya. Langkah ini bermuara pada niat lamanya yang ingin mengarsipkan karya-karya ciptaannya dalam format digital, namun terkendala lantaran NAIF keburu bubar.

"Karena NAIF sudah bubar dan nggak lagi bisa melakukannya (merilis dalam format digital), setidaknya dalam waktu dekat ini. Sekaligus juga meremajakan karya lagu gue ini," ucapnya.

Dibantu sejumlah kawan, Pepeng masuk ke studio untuk merekam ulang seluruh materi. Nama personel SCALLER, yakni Reney Karamoy dan Stella Gareth didaulat untuk duduk di kursi produser lantaran dinilai mampu mewakili era.

Selain itu, Pepeng juga mengaku kagum dengan kualitas produksi musik pada tiga album SCALLER yang sukses meraih penghargaan Indonesian Breakthrough Artist versi NET TV dan Rookie Of The Year versi Rolling Stone Indonesia.

"Awal keterlibatan Reney dan Stella itu karena gue yang minta mereka untuk bantu produserin lagu ini. Gue sangat membutuhkan bantuan dari anak muda, supaya arahan musiknya lebih bisa diterima gerenasi sekarang, walau terbalut dalam nuansa yang (masih) semi-vintage," kata Pepeng.

"Selain itu, karena gue ngefans sama SCALLER. Gue suka mereka karena musik rock-nya bagus, dan well-produced banget secara sound dan kualitas rekaman," tutur dia.

Instrumen bass lagu Ceriakan Dunia diisi oleh Adhitomo Kusumo alias Dodit, rekan bermusik Pepeng di unit rock Raksasa. Bebunyian trumpet ditiup oleh Eggy Bayu Pratama, dengan musisi jazz, Arnando Putra yang dipercaya untuk mengaransemen instrumen trumpet dan strings.

Pepeng sendiri mengisi instrumen drum dan vokal. Musisi yang akrab dengan dunia komik ini menumbuhkan kepercayaan diri untuk bernyanyi usai berkonsultasi dengan Irvan Natadiningrat yang ia tunjuk sebagai pengarah vokal.

"Jujur, gue nggak pede nyanyi. Sebelum gue hadirkan vocal director, cara nyanyi gue jelek banget di lagu itu. Begitu Irvnat turun tangan, gue pikir, `memang harus dipegang oleh ahlinya!`. Gue puas banget sama hasil rekam vokal gue di lagu ini. Jadi terdengar gue lebih bisa nyanyi. Hahaha!" ujar Pepeng.

Musisi, Franki Indrasmoro alias Pepeng eks NAIF. (Foto: Instagram)

Saat ini, single Ceriakan Dunia sudah bisa didengarkan di berbagai platform pemutar musik digital. Pepeng bilang, karya ini merupakan letupan perdana dari karya-karya lain yang bakal dilepas dalam proyek solo miliknya.

"Lagu `Ceriakan Dunia` adalah sebuah statement bahwa gue, Franki Indrasmoro yang dulu kalian kenal sebagai Pepeng drummer-nya NAIF, adalah juga salah seorang songwriter di dalam tubuh NAIF band, dan berkontribusi besar dalam penulisan lagu-lagu NAIF, terutama di empat album-awal NAIF. Ketika kalian dengar lagu `Ceriakan Dunia`, pasti akan teringat warna lagu NAIF di era-era awal," tuturnya.

"Setelah ini, nanti di single-single berikutnya akan terdengar nuansa yang berbeda. Yang lebih `Pepeng Banget`. Seperti apa yang Pepeng Banget itu? Kalian akan mulai mengerti saat dengar single kedua nanti, yang insya Allah akan rilis di bulan Mei atau Juni 2024," kata Pepeng.

Di penghujung pernyataan, Pepeng juga berjanji bahwa proyek solonya bakal terus berkelanjutan. Rencananya, rilisan single anyar akan dilepas teratur hingga terangkum dalam satu buah album penuh.

Baca juga: Lepas dari Naif, David Bayu Rilis Album Solo Perdana Di Dalam Jiwa

Baca juga: Pepeng Eks NAIF Kembali Bermusik, Jadi Vokalis dan Libatkan Personel Scaller

"Seterusnya, lagu-lagu dari Franki Indrasmoro akan dirilis per-single, sampai akhirnya menjadi sebuah album penuh. Bukan EP," ujar Pepeng. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya