News Minggu, 27 November 2022 | 22:11

Maroko Libas 'Setan Merah' Belgia 2-0

Lihat Foto Maroko Libas 'Setan Merah' Belgia 2-0 Zakaria Aboukhlal usai melesakkan gol ke gawang Belgia. (Foto: FIFA)
Editor: Tigor Munte

Doha - Kejutan dari laga Grup F terjadi, manakala Belgia takluk dihajar wakil Afrika, Maroko dengan skor 2-0. 

Pertandingan berlangsung di Al Thumama Stadium, Doha pada Minggu, 27 November 2022 malam WIB.

Belgia dominan dalam pertandingan babak pertama. Penguasaan bola hingga 61 persen, berbanding 27 persen Maroko.

Serangan yang dibangun skuad Belgia melalui Eden Hazard dan Kevin De Bruyne di lini pertahanan Maroko menghadapi tembok kokoh.

Belgia melakukan upaya mengarah ke gawang sebanyak enam kali, sedangkan Maroko sebanyak empat kali.

Upaya maksimal dari Maroko adalah di ujung babak pertama, di mana Ziyech dijatuhkan di luar kotak penalti, yang berusaha melewati dua pemain belakang Belgia.

Tendangan bebas dilakukan Ziyech. Tendangannya meluncur deras ke sisi kanan gawang Thibaut Courtois. Bola masuk. 

Namun wasit kemudian melakukan cek goal ke VAR. Dan hasil pengamatan wasit, terjadi offside salah seorang pemain Maroko saat tendangan bebas dilakukan.

Gol yang sempat dirayakan para pemain Maroko akhirnya dianulir dan skor tidak berubah 0-0 sampai pertandingan babak pertama berakhir. 

Baca juga: Babak Pertama Belgia vs Maroko Imbang 0-0, Gol Ziyech Dianulir

Babak kedua, Maroko melakukan tekanan secara beruntun ke lini pertahanan Belgia. Kerja sama dan transisi pemain antar lini bekerja dengan baik dan disiplin.

Tekanan yang dilakukan membuahkan gol pada menit  ke-73 melalui Abdelhamid Sabiri, yang merupakan pemain pengganti di babak kedua.

Sabiri melakukan tendangan bebas di sisi kanan gawang Belgia. Identik dengan gol pertama Ziyech yang dianulir VAR, gol Sabiri juga meluncur ke gawang tanpa mampu diantisipasi Courtois. 1-0 untuk Maroko.

Belgia benar-benar menemui jalan buntu menghadapi lini pertahanan Maroko yang bermain rapi dan disiplin. Upaya untuk membalas gol dengan terus menekan Maroko kandas.

Sebaliknya, berkat sebuah serangan balik yang cepat, Ziyech memberikan sebuah umpan terobosan ke tengah gawang yang disambut sepakan akurat Zakaria Aboukhlal ke gawang dan gol pada menit 92. 

Maroko memimpin 2-0. Hasil ini bertahan hingga peluit tanda pertandingan dibunyikan wasit yang memimpin pertandingan, César Arturo Ramos Palazuelos.

Kemenangan Maroko membuatnya naik ke puncak klasemen dengan poin 4. Hasil sekali seri dan sekali menang.

Belgia di posisi dua dengan poin tiga hasil sekali menang dan satu kali kalah. Maroko sangat berpeluang lolos ke babak 16 besar dari Grup F.

Lanjutan laga Grup F, Kroasia akan bertemu dengan Kanada pada pukul 23:00 WIB. 

Susunan pemain starting IX:

Maroko: Monir El Kajoui, Achraf Hakimi, Noussair Mazroui, Nayef Aguero, Romain Saïss, Sofyan Amrabat, Azzedine Ounahi, Selim Amallah, Hakim Ziyech, Sofiane Boufal, Youssef En Nesyri.

Belgia: Thibaut Courtois, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Timothy Castagne, Axel Witsel, Thomas Meunier, Thorgan Hazard, Amadou Onana, Kevin De Bruyne, Eden Hazard, Michy Batshuayi. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya