Daerah Minggu, 09 Juli 2023 | 14:07

Marsombuh Sihol Punguan Ompu Simataraja Raja Simarmata Penting untuk Mengenal Adat-Budaya

Lihat Foto Marsombuh Sihol Punguan Ompu Simataraja Raja Simarmata Penting untuk Mengenal Adat-Budaya Acara Marsombuh Sihol Punguan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boruna Kota Siantar-Kabupaten Simalungun, di Siantar, Minggu, 9 Juli 2023. (Foto: Istimewa)

Siantar - Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani mengungkapkan bahwa acara Marsombuh Sihol Punguan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boruna Kota Siantar-Kabupaten Simalungun, dapat menjadi ajang bagi generasi muda untuk mengenal adat budaya.

Demikian disampaikan Susanti pada acara yang dilangsungkan di Lapangan H Adam Malik, Kota Siantar, Minggu, 9 Juli 2023.

"Acara Marsombuh Sihol dinilai mempererat tali kekeluargaan persatuan antara Punguan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boruna Pematang Siantar-Simalungun. Dan yang paling penting agar generasi muda lebih mengenal adat dan budaya," kata Wali Kota Susanti.

Kehadiran wali kota perempuan pertama di Siantar itu disambut langsung Ketua Umum DPP Punguan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boruna, Tumpal Simarmata.

Susanti berharap kegiatan seperti ini tetap dijaga dan dilestarikan serta menjadi agenda rutin Punguan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boruna Siantar-Simalungun.

Dia menegaskan, Pemko akan terus fokus terhadap kegiatan-kegiatan dalam upaya melestarikan dan mengembangkan adat serta budaya.

Pada kesempatan tersebut, ia juga mengungkapkan saat ini Lapangan H Adam Malik masih membutuhkan perawatan dan perbaikan.

Untuk itu, dalam waktu dekat Gubernur Sumatra Utara (Sumut) Edy Rahmayadi akan hadir di Kota Siantar untuk melakukan peletakan batu pertama renovasi Lapangan H Adam Malik.

"Mudah-mudahan ke depannya, Lapangan Adam Malik lebih baik dan nyaman untuk kegiatan-kegiatan adat dan budaya," tuturnya.

Tidak lupa, ia mengucapkan terima kasih kepada Marga Simarmata yang selama ini telah berkontribusi dalam mendukung pembangunan Kota Siantar.

"Bahkan ada dari Simarmata yang menduduki posisi penting di Pemko Pematang Siantar," kata dia.

Sebelumnya, Ketua Panitia Ir Thomas Saragih dalam sambutannya mengapresiasi kehadiran Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA dalam kegiatan tersebut.

Thomas menjelaskan sebelum kegiatan Marsombuh Sihol, panitia melaksanakan sejumlah kegiatan, seperti revitalisasi Tugu Ompung Bantennangnang Saragih Simarmata, bakti sosial, donor darah, serta Focus Group Discusion (FGD).

Usai sambutan, dr Susanti berfoto bersama Ketua Umum DPP Punguan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boruna Ir Tumpal Simarmata, Ketua DPW Siantar-Simalungun Drs Samuel Saragih, Ketua Panitia Marsombuh Sihol Ir Thomas Saragih, dan sejumlah panitia seperti Marulam Simarmata, Piliaman Simarmata, tokoh masyarakat Sumut Parlindungan Purba, sejumlah pengurus Forum Generasi Muda Simarmata (Forgemsi).[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya