News Rabu, 16 November 2022 | 13:11

Megawati dan SBY Duduk Semeja, Pertanda PDIP-Demokrat Bakal Berkoalisi?

Lihat Foto Megawati dan SBY Duduk Semeja, Pertanda PDIP-Demokrat Bakal Berkoalisi? Momen mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono serta eks Wakil Presiden RI Try Sutrisno, Hamzah Haz, dan Jusuf Kalla duduk semeja di KTT G20 Bali. (foto: Twitter/@jansen_jsp).

Jakarta - Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah menanggapi momen Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) duduk semeja dalam jamuan makan malam pemimpin KTT G20 di Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali, Selasa malam, 15 November 2022.

Momen tersebut menjadi sorotan lantaran kedua mantan Presiden RI sekaligus petinggi partai tersebut kerap berseberangan, di mana PDI Perjuangan (PDIP) dan Partai Demokrat tak pernah berkoalisi di kancah nasional.

Baca juga: Megawati dan SBY Duduk Semeja di G20 Bali, PDIP: Kita Melihat Wajah RI

Dedi menilai dalam politik semua hal bisa saja terjadi, termasuk koalisi antara PDIP dengan Demokrat. Namun, ia melihat itu masih cukup sulit terwujud, disebabkan faktor karakter pemilih yang berseberang.

Menurut dia, apabila dipaksakan, bukan tidak mungkin baik PDIP maupun Demokrat bisa kehilangan suara.

“Untuk itu, duduk satu meja antara Megawati dan SBY sangat mungkin hanya momentum yang tidak dapat dihindari. Jikapun ada agenda di dalamnya kemungkinan besar tidak mengarah pada agenda koalisi,” ujar Dedi kepada wartawan, dikutip Rabu, 16 November 2022.

Asumsinya, lanjut Dedi, jika koalisi terjadi, maka Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan ditawarkan untuk bakal calon wakil presiden (Bacawapres). Sementara posisi yang sama semestinya lebih mudah didapat dan potensial dari koalisi Perubahan.

Baca juga: Demokrat Sanjung Momen SBY dan Megawati Duduk Semeja di G20 Bali

Di sisi lain, ia melihat, nama besar SBY akan redup jika kemudian disandingkan dengan Megawati yang sejauh ini cukup miliki pengaruh besar.

“Artinya, Demokrat akan menjadi jauh lebih kecil dibanding saat bersama dengan PKS dan Nasdem,” kata Dedi. 

Dalam foto yang diunggah Wasekjend Partai Demokrat Jansen Sitindaon, Selasa malam kemarin, Megawati dan SBY tampak duduk dalam satu meja bundar. Megawati dan SBY mengenakan batik berwarna biru.

Megawati duduk di samping Hamzah Haz. Sementara itu, SBY dan Jusuf Kalla ada di posisi seberang kursi Megawati. SBY dan Megawati tersenyum ketika diabadikan dalam foto.

Di meja tersebut ada juga Ketua DPR RI Puan Maharani dan Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno. Hadir juga Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla dan istri di meja tersebut.

"Damai Indonesia," kata Jansen Sitindaon menyertai unggahan foto tersebut. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya