Daerah Jum'at, 20 Januari 2023 | 20:01

Membersihkan Kota Parapat Danau Toba dengan Cara Marharoan Bolon

Lihat Foto Membersihkan Kota Parapat Danau Toba dengan Cara Marharoan Bolon Sejumlah ASN di Pemkab Simalungun, Sumatra Utara membersihkan Kota Parapat Danau Toba, Jumat, 20 Januari 2023. (Foto: Facebook)
Editor: Tigor Munte

Simalungun - Kota Parapat dikenal sebagai kota turis, dulu. Kota yang berada di tepian Danau Toba itu berada di wilayah Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara.

Mengingat akan ada event internasional berupa F1H20 di Kota Balige, Kabupaten Toba, yang memang berbatasan dengan Kota Parapat, dilakukan aksi bersih-bersih dengan cara haron bolon.

Haroan bolon artinya gotong royong secara besar-besaran. Kegiatan aksi bersih-bersih dilakukan pada Jumat, 20 Januari 2023.

Mereka yang turun melakukan aksi bersih-bersih adalah para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Simalungun.

Mereka disuruh membersihkan beram jalan menuju Kota Parapat. Dimulai dari Simpang Hotel Patra Jasa sampai Jembatan Sera-sera, yang dibagi dalam 32 lokasi.

Baca juga: Tortor Haroan Bolon Dilombakan, tentang Orang Simalungun yang Suka Gotong Royong

Ikut pula personel Polres Simalungun, masyarakat, perhotelan, restoran, dan pihak kecamatan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Simalungun Esron Sinaga memimpin aksi bersih-bersih itu.

Kata dia, haroan bolon bertujuan untuk menjaga kebersihan Kota Parapat Danau Toba sebagai tujuan wisata.

Kegiatan juga untuk mendukung suksesnya kegiatan F1H20 di Danau Toba yang akan berlangsung pada 24-26 Februari 2023.

Dia juga mengajak para pedagang yang tinggal di sekitar jalan besar Kota Parapat untuk turut ikut menjaga kebersihan sekitar lokasi usaha masing-masing. []



Berita Terkait

Berita terbaru lainnya