News Selasa, 15 Maret 2022 | 08:03

Menag Larang Tadarus dan Salat Tarawih Pakai Pengeras Suara Luar Masjid

Lihat Foto Menag Larang Tadarus dan Salat Tarawih Pakai Pengeras Suara Luar Masjid Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Opsi/Instagram @gusyaqut)

Jakarta - Surat Edaran (SE) Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas bernomor SE Menag No. 05/2022 tentang pedoman penggunaan pengeras suara di masjid dan musala mengatur pelarangan penggunaan pengeras suara luar saat salat tarawih dan tadarus Alquran selama bulan Ramadan.

Dalam aturan tersebut tertuliskan, ibadah salat tarawih ataupun tadarus Alquran yang dilakukan pada bulan Ramadan diatur untuk tidak menggunakan pengeras suara luar masjid, melainkan menggunakan suara dalam.

“Penggunaan pengeras suara di bulan Ramadan baik dalam pelaksanaan Salat Tarawih, ceramah/kajian Ramadan, dan tadarrus Al-Qur’an menggunakan Pengeras Suara Dalam,” demikian keterangan SE Menag No. 05/2022 dilansir Opsi, Selasa, 15 Maret 2022.

Baca jugaHabib Rizieq Instruksikan Umat Demo Berjilid-jilid Sampai Yaqut Dipenjara

Dalam aturan tersebut juga tertulis, pengeras suara dalam merupakan perangkat pengeras suara yang difungsikan atau diarahkan ke dalam ruangan masjid dan musala.

Sedangkan pengeras suara luar difungsikan atau diarahkan ke luar ruangan masjid dan musala. Ini sebagai upaya syiar Islam, seperti waktu salat, pengajian maupun dakwah lainnya.

Baca jugaLaporkan Menag Yaqut ke Polisi, PA 212: Penista Agama Tak Ada Tebusannya Kecuali Hukuman Mati

“Menyampaikan dakwah kepada masyarakat secara luas baik di dalam maupun di luar masjid/musala,” demikian bunyi aturan itu.

Selain aturan terkait tarawih yang menggunakan pengeras suara luar masjid, SE Menag tersebut juga mengatur terkait hari besar umat Islam (HBI).

“Pelaksanaan Salat Idul Fitri dan Idul Adha dapat dilakukan dengan menggunakan Pengeras Suara Luar,” tulisnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya