News Jum'at, 04 Maret 2022 | 15:03

Menag Yaqut Tak Ingin KUA Hanya Sekadar Urusi Asmara

Lihat Foto Menag Yaqut Tak Ingin KUA Hanya Sekadar Urusi Asmara Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. foto: Kemenag

Jakarta - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas ingin Kantor Urusan Agama (KUA) tidak hanya sekadar mengurus pernikahan saja, tetapi harus menjadi media dalam menggerakkan praktik moderasi beragama serta aktivitas sosial lainnya.

"Pelayanan KUA harus prima, tidak semata kantor urusan asmara, tapi sesuai namanya, yaitu Kantor Urusan Agama," ujar Menag Yaqut dalam rilis Raker Ditjen Bimas Islam Kemenag yang diterima di Jakarta, Jumat, 4 Maret 2022.

Yaqut mengatakan revitalisasi KUA menjadi salah satu program prioritasnya demi meningkatkan layanan keagamaan bagi masyarakat hingga level terbawah.

Dengan revitalisasi ini, kata dia, nantinya KUA tidak sekadar pencatat pernikahan saja. Lebih dari itu, KUA diharapkan memiliki peran strategis, yakni sebagai pusat data keagamaan dan unit layanan langsung keagamaan hingga tingkat kecamatan.

"Urusan agama sangat banyak, dari lahir sampai mati. Jangan sampai saat ada masyarakat yang ingin dilayani, kita tidak berada dalam posisi sempurna untuk melayani," kata dia.

Ia mengatakan revitalisasi telah dilakukan pada 106 KUA pada 2021. Tahun 2022 ini Kemenag menargetkan proses revitalisasi bisa dilakukan pada 1.000 KUA di seluruh Indonesia.

"Anggaran yang tersedia saat ini baru cukup untuk 250 KUA. Kita akan cari solusi anggarannya, semoga bisa kita capai dalam waktu dekat," ujar Menag Yaqut. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya