News Rabu, 21 Desember 2022 | 20:12

Menaker Sebut Produktivitas Merupakan Kunci Memenangkan Persaingan di Lingkungan Global

Lihat Foto Menaker Sebut Produktivitas Merupakan Kunci Memenangkan Persaingan di Lingkungan Global Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah. (Foto:Opsi/Fernandho Pasaribu)

Jakarta - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyebut bahwa produktivitas adalah kata kunci untuk memenangkan persaingan di lingkungan global yang dinamis.

Demikian disampaikan Menaker dalam sambutannya saat membuka Rapat Paripurna Lembaga Produktivitas Nasional (LPN) di Jakarta.

"Sehingga menuntut sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang cekatan, adaptif, produktif, inovatif dan kompetitif," kata Menaker, Rabu, 21 Desember 2022.

Menurutnya, revolusi digital, yaitu pemanfaatan teknologi dan kecerdasan buatan terus mendapatkan perhatian yang sangat serius dari pelaku ekonomi dan pengambil kebijakan di banyak negara.

Di tengah disrupsi teknologi digital, lanjutnya, pada awal tahun 2020 terjadi pandemi Covid-19 yang mengubah tatanan ekonomi, baik di dalam maupun di luar negeri.

"Dampak pandemi pada perekonomian Indonesia ditransmisikan melalui tiga jalur, yaitu konsumsi domestik, investasi serta neraca perdagangan luar negeri," ujarnya.

Ia menjelaskan, kontraksi dari tiga jalur tersebut harus dikompensasikan dengan aktivitas yang semakin produktif di berbagai sektor, baik swasta maupun publik.

"SDM Indonesia dituntut dapat beradaptasi dengan baik pada situasi yang penuh ketidakpastian dan semakin kompleks ke depannya," tuturnya.

Lebih lanjut, kata dia, banyaknya tenaga kerja yang dirumahkan oleh perusahaan serta terciptanya pola kerja baru di mana ada penyesuaian terhadap pekerjaan yang dapat dilaksanakan di luar kantor.

"Juga adanya transformasi digital menuntut SDM untuk dapat meningkatkan skill and knowledge guna memaksimalkan dan menciptakan peluang dalam beradaptasi pada masa digital sekarang ini," kata dia.

Oleh karenanya pada masa pandemi Covid-19, Indonesia sebagai salah satu negara yang terdampak secara langsung telah dapat melaksanakan peningkatan kualitas SDM yang dapat melaksanakan pola kerja baru dengan memaksimalkan penggunaan teknologi.

Baca juga: Dorong LPN Kembangkan GNP2DS, Menaker: Harus Menjadi Gerakan Berkesinambungan

Baca juga: Menaker Minta Pengusaha Berikan THR Pekerja: Itu Hak dan Kewajiban!

"Guna menumbuhkan ekonomi serta meningkatkan efisiensi, efektivitas dan kualitas pelayanan publik," ucap Menaker.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya