Pilihan Rabu, 01 Juni 2022 | 13:06

Menanti Ritus Bebunyian dan Golden Sunset di Bukit Singgolom Toba

Lihat Foto Menanti Ritus Bebunyian dan Golden Sunset di Bukit Singgolom Toba Sunset di Bukit Singgolom, Toba. (Foto: pariwisatasumut.net)
Editor: Tigor Munte

Medan - Bulan Juni 2022 ada event yang rencananya digelar di Kawasan Danau Toba, Sumatra Utara. Gelaran musik kelas internasional dan bonusnya, golden sunset.

Nama eventnya Toba Caldera World Music Festival, bakal digelar pada 14 Juni 2022.

Lokasinya tentu akan membuat Anda tak mau melepas event ini, yakni di Bukit Singgolom, Desa Lintong Ni Huta, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba.

Hanya butuh waktu 15 menit dari Bandara Silangit, Siborongborong, Tapanuli Utara. Cukup dekat lewat jalur darat.

Pelaksanaan event ini sendiri sudah diwanti-wanti oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat hadir meresmikan Creative Hub Samosir pada 22 Maret 2022 di Pantai Indah Situngkir, Kabupaten Samosir.

Ohya, Toba Caldera World Music Festival ini tujuannya mempromosikan Danau Toba sebagai taman bumi (geopark) melalui ritus bebunyian dan gerak tarian yang hidup dan berkembang di masyarakat setempat.

Event ini digerakkan oleh Rumah Musik Suarasama didukung oleh BPODT, sebagai sebuah event pariwisata seni budaya dengan atraksi utama pertunjukan musik dengan genre world music.

Toba Caldera World Music Festival 2019. (Foto: Dok. TCWMF 2019)

Genre musik yang merepresentasikan kolaborasi antara musik-musik tradisi dunia yang sudah berakar di masyarakatnya (roots music) dan juga musik-musik baru yang memfusikan beberapa unsur-unsur musik dari beberapa tradisi dunia (world fusion) yang kemudian berkembang dan menjadi sangat populer dalam bentuk-bentuk festival di dunia.

Baca juga:

Eksotisnya Danau Toba dari Pusuk Buhit, Gunung Asal Mula Orang Batak

Event rencananya akan dikonsep sebagai pertunjukan di ruang terbuka dengan latar belakang Danau Toba.

Terdiri dari beberapa konten kegiatan, yaitu main performances (pentas musik oleh kelompok-kelompok musik nasional dan internasional), exhibition performances (pentas musik oleh kelompok-kelompok musik tradisi dan anak-anak muda).

Kemudian, workshop (klinik musik bagi komunitas lokal dan masyarakat), dan supporting exhibitions (side event yang terdiri dari pasar kuliner serta pameran kerajinan dan cenderamata). 

Sudah pernah digelar sebelumnya 14-16 Juni 2019 di lokasi yang sama. Sederetan musisi etnik kelas dunia tampil di event musik tersebut.

Mulai dari artis-artis musik aliran world music dari mancanegara dan nusantara, serta merangkul berbagai komunitas musik dan budaya di kawasan Danau Toba. 

Beberapa nama besar yang pernah tampil yaitu Kua Etnika (Yogyakarta), Svara Semesta (Bali) dan  Suarasama (Medan).

Nah, silakan datang ke event ini. Jika Anda beruntung, saat event digelar dapat menikmati golden sunset Danau Toba dari Bukit Singgolom. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya