Pilihan Selasa, 19 Juli 2022 | 18:07

Menatap Hamparan Danau Toba dari Sipinsur Seolah Berada di Angkasa

Lihat Foto Menatap Hamparan Danau Toba dari Sipinsur Seolah Berada di Angkasa Danau Toba dipandang dari Geosite Sipinsur, Desa Pearung, Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatra Utara. (Foto: Pemkab Humbahas)
Editor: Tigor Munte

Sipinsur - Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatra Utara, memiliki 65 wisata alam dan budaya. Salah satu di antara wisata alam adalah Sipinsur yang berada di Desa Pearung, Kecamatan Paranginan.

Wisata alam yang penuh dengan pohon pinus itu sudah terkenal di Indonesia. Tahun 2018 geosite Sipinsur memperoleh penghargaan sebagai dataran tinggi terpopuler se- Indonesia. 

Lokasi wisata ini sudah menjadi langganan bagi petinggi dan pejabat di Tanah Air, termasuk pernah disinggahi Presiden Jokowi.

Sejumlah menteri sering berkunjung, hingga pengacara kondang Hotman Paris Hutapea pun sudah mendatanginya.

Di sana mereka mengitari wisata alam Sipinsur dan melihat-lihat indahnya Danau Toba

Karena dari lokasi itu bisa memandang hamparan danau termasuk Pulau Sibandang di Kabupaten Tapanuli Utara dan Pulau Samosir. 

Berwisata di Sipinsur seolah-olah berada di angkasa. Karena bisa melihat dengan jelas indahnya Danau Toba. 

Baca juga:

Yohanes Surya Ajarkan Matematika Gasing Terhadap 900 Anak dan 300 Guru di Humbahas

Itu pula yang membuat Ketua Dewan Pengawas Yayasan SMA TB Soposurung Balige, Robert Njo bersama rombongan berwisata menikmati alam Sipinsur pada Minggu, 17 Juli 2022 lalu. 

Rombongan Robert Njo yang berwisata ke Sipinsur. (Foto: Pemkab Humbahas)

Dia di sana disambut Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor bersama sejumlah pejabatnya. Robert disambut hangat diberikan cinderamata berupa ulos.

Selepas menikmati alam Sipinsur, Robert dan rombongan Bupati Humbahas menuju lahan pertanian jeruk milik keluarga Ronson Sihombing-Rumata Siregar.

Lokasinya juga berada di Desa Pearung. Sembari mencicipi buah jeruk yang dipetik sendiri, Robert Njo menyarankan kepada Rumata Siregar, demi meningkatkan pendapatan, lahan pertanian jeruk tersebut bisa dijadikan sebagai wisata alam. 

“Makan jeruk sepuasnya silakan di sini. Cukup bayar sekian. Bungkus bayar lagi. Konsep seperti bisa dijadikan di lokasi pertanian ini,” usul Robert Njo, pengusaha kelahiran Sidikalang, Kabupaten Dairi itu. [Diskominfo Humbahas]

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya