News Minggu, 09 April 2023 | 17:04

Mendagri Tito Karnavian Kagum dengan Desain Gedung GKI Bogor

Lihat Foto Mendagri Tito Karnavian Kagum dengan Desain Gedung GKI Bogor Mendagri Tito Karnavian. (Foto: Tangkapan Layar)
Editor: Tigor Munte

Bogor - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyatakan kekagumannya dengan desain interior gedung Gereja Kristen Indonesia (GKI) Pengadilan Bogor yang diresmikan Menko Polhukam Mahfud Md, Minggu, 9 April 2023.

Menurut Tito, saat diajak keliling oleh pengurus gereja bersama Mahfud dan Wali Kota Bogor Bima Arya, mendadak listrik padam.

Yang bikin dia kagum, meski listrik padam, namun bangunan gereja tampak masih terang.

"Hebat ini gereja, lampu mati terang lho. Berarti desain interiornya hebat. Terus saya pikir, kita (bakal) kepanasan. (Ternyata) gak, karena kan tinggi. Jadi desainnya sudah diantisipasi kalau lampu mati," ungkapnya saat memberi sambutan.

Kemudian kata Tito, suara di dalam gereja juga tidak perlu keras-keras tapi bisa kedengaran dengan jelas.

"Gak perlu keras-keras. Saya yakin tadi Pak Wali Kota berbicara di belakang, pasti kedengaran kan. Artinya memang desainnya bagus, luarnya bagus, desainnya bagus, termasuk kalau lampu mati sudah siap," katanya disambut tepuk tangan undangan dan jemaat gereja. 

GKI Pengadilan Bogor, dulunya adalah GKI Yasmin. Mengalami konflik pendirian gedung gereja selama 15-16 tahun lamanya.

Untuk mendapatkan izin beribadah, jemaat gereja ini terus melakukan aksi unjuk rasa dan ibadah di depan Istana Negara di Jakarta.

Hingga kemudian Wali Kota Bogor Bima Arya menawarkan solusi. Sinode GKI merespons dengan mematuhi Peraturan Bersama Menteri (PBM) Nomor 8 dan 9 Tahun 2006 tentang Kerukunan Beragama.

BACA JUGA: 

Jemaat memenuhi syarat 90 orang, dan mendapatkan 60 dukungan warga serta mengajukan syarat pendirian rumah ibadah ke Forum Koordinasi Umat Beragama (FKUB) Kota Bogor pada Juni 2021. 

Setelah dilakukan verifikasi akhirnya, Pemko Bogor melalui Wali Kota Bima Arya menerbitkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang kemudian diserahkan pada 8 Agustus 2021.

Sejak itu, gereja yang berubah nama menjadi GKI Pengadilan Bogor Barat mulai dibangun dan diresmikan oleh Menko Polhukam Mahfud Md pada Minggu, 9 April 2023 tepat pada perayaan Paskah 2023.

Mahfud meresmikan dengan memukul gong dan dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti gereja oleh Mahfud, Mendagri Tito Karnavian, dan Wali Kota Bogor disaksikan Ketua Komnas HAM Atnike Sigiro dan Sekum Sinode GKI Pdt Suhud Setyo Wardono. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya