Pilihan Jum'at, 25 November 2022 | 12:11

Mengenal Al Rihla, Bola Resmi Piala Dunia 2022 Qatar Bikinan Madiun, Indonesia

Lihat Foto Mengenal Al Rihla, Bola Resmi Piala Dunia 2022 Qatar Bikinan Madiun, Indonesia Bola resmi Piala Dunia 2022 Qatar, Al Rihla. (Foto: FIFA)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Gelaran Piala Dunia 2022 Qatar alias World Cup 2022 sudah bergulir sejak 21 November 2022 dan menarik perhatian pecinta si kulit bundar dari berbagai negara, termasuk penggunaan bola resmi yang diberi nama Al Rihla.

Mengutip informasi di laman resmi Federasi Sepakbola Internasional, FIFA, Al Rihla yang diproduksi oleh Adidas telah diumumkan sebagai Bola Pertandingan Resmi untuk Piala Dunia FIFA Qatar 2022.

Direktur Pemasaran FIFA, Jean-François Pathy dalam keterangannya mengatakan bahwa Adidas sendiri memang telah menjadi perusahaan langganan yang menciptakan bola resmi Piala Dunia selama 14 kali berturut-turut.

Bola Al Rihla, kata dia, dirancang untuk mendukung kecepatan permainan puncak, karena bergerak lebih cepat saat melayang daripada bola mana pun dalam sejarah turnamen.

"Ini Bola Pertandingan Resmi yang memukau, berkelanjutan, dan berkualitas tinggi dari adidas yang akan dinikmati oleh para bintang yang tampil di puncak permainan mereka di panggung terbesar dunia di Qatar, serta pemain akar rumput di mana pun," kata Jean-François Pathy dikutip Opsi pada Jumat, 25 November 2022.

"Perjalanan Al Rihla ke seluruh dunia akan mewakili jangkauan Piala Dunia FIFA yang luar biasa dan memberi para penggemar kesempatan unik untuk terlibat dalam acara tersebut saat kegembiraan meningkat menjelang kick-off besar," tutur dia.

Bola resmi Piala Dunia 2022 Qatar, Al Rihla. (Foto: FIFA)

Bola Al Rihla memiliki berat 450 gram atau 16 ons sehingga membuatnya ringan di udara dan meningkatkan kecepatan.

Bola ini memiliki lingkar 70cm atau 28 inci, dengan tekanan 1,1 atmosfer atau 1100g/cm2 atau 15,6 lbs/sq in.

Bagian dalam dan luar bola Al Rihla dirancang menggunakan data dan pengujian ketat di laboratorium Adidas, di terowongan angin, dan di lapangan oleh pemain sepak bola itu sendiri.

Lantaran itu, Al Rihla diklaim memberikan tingkat akurasi dan keandalan tertinggi di lapangan permainan, sebagian karena bentuk panel baru dan tekstur permukaan.

Selain itu, Al Rihla merupakan bola resmi Piala Dunia FIFA pertama yang dibuat secara eksklusif dengan tinta dan lem berbahan dasar air.

Sementara mengenai nama, Al Rihla merupakan kata dalam bahasa Arab yang berarti "perjalanan". Nama ini diambil lantaran terinspirasi oleh budaya, arsitektur, perahu ikonik, dan bendera Qatar.

Warna-warna berani dan cerah dengan latar belakang pearlescent yang ada di bola Al Rihla, mewakili negara tuan rumah Piala Dunia FIFA dan kecepatan permainan yang terus meningkat.

Penampilan publik pertama Al Rihla dilakukan bersama legenda seperti Iker Casillas, Kaka, Farah Jefry dan Nouf Al Anzi, serta beragam talenta, termasuk pesepakbola wanita menjanjikan dari Qatar, UEA, Arab Saudi dan Mesir, plus pemain generasi berikutnya dari Aspire Academy Doha.

Sebelum digunakan sebagai bola resmi Piala Dunia 2022, Al Rihla telah dibawa melintasi sepuluh kota, termasuk Dubai, Tokyo, Mexico City, dan New York, di mana Adidas menerapkan serangkaian inisiatif untuk meningkatkan pemerataan dan akses ke olahraga dalam komunitas lokal.

Bola resmi Piala Dunia 2022 Qatar, Al Rihla. (Foto: FIFA)

Mengutip laman Kemlu Indonesia, bola Al Rihla diproduksi di Madiun, Jawa Timur. Adidas mempercayakan Global Way Indonesia untuk memproduksi bola tersebut.

Perusahaan ini telah mengekspor bolanya ke Uni Emirat Arab, Jerman, Inggris, Amerika Serikat, dan Brasil.

Baca juga: 5 Kontroversi Piala Dunia 2022 Qatar, Diboikot Selebriti karena Anti LGBTQ+

Baca juga: Serba-Serbi dan Fakta Piala Dunia 2022 di Qatar

Melalui ekspor bola tersebut, masyarakat Jawa Timur telah menjadi bagian dari resonansi ekonomi dunia. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya