Hiburan Senin, 31 Juli 2023 | 23:07

Mengenal Mother Bank, Grup Musik Ibu-Ibu yang Bakal Tampil di Pestapora 2023

Lihat Foto Mengenal Mother Bank, Grup Musik Ibu-Ibu yang Bakal Tampil di Pestapora 2023 Grup musik Ibu-Ibu, Mother Bank. (Foto: Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Sebuah grup musik yang digawangi sejumlah ibu-ibu asal Jatiwangi-Majalengka, muncul ke permukaan dan menarik perhatian penikmat musik Tanah Air. Adalah Mother Bank, unit unik bentukan Badan Kajian Pertanahan yang menjadi salah satu line up Pestapora 2023.

Mengutip informasi dari press release yang diterima Opsi ID, Mother Bank mulanya dibentuk sebagai ekosistem pengaman ekonomi terdekat dan termudah bagi warga Kampung Wates yang sebagian besar adalah buruh harian yang kehilangan pekerjaan saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

Dibentuk pada awal 2021, Bank eskperimental berbentuk bank keliling (bank emok) ini, diinisiasi oleh kelompok riset artistik Badan Kajian Pertanahan sebagai bagian dari gelombang #aktivismedarurat pada masa pandemi.

Membedakan diri dengan bank keliling pada umumnya yang mengenakan bunga cukup tinggi, bank ini dikelola secara bersama-sama dengan bunga pinjaman nol persen. Secara organik, Bank ini menjadi wadah bagi Ibu-ibu di Kampung untuk belajar, berbagi, tumbuh, mencipta, bergerak, secara bersama-sama.

Grup musik Ibu-Ibu, Mother Bank. (Foto: Istimewa)

Mother Bank kemudian membentuk sebuah grup musik yang personelnya merupakan para nasabah bank keliling tersebut. Sebagai band, Mother Bank telah merilis satu buah album berisi enam buah lagu yang mereka klaim berangkat dari genre folks.

Enam lagu dalam album bertajuk Tanggung Renteng, masing-masing berjudul Wakare, Menanam, Jalan-jalan, Pabrik, Bubaran Sunrise, dan Jor Bae.

Menggunakan musik keramik yang dikenalkan oleh Jatiwangi art Factory— yang saat ini sudah menjadi musik tradisi di Jatiwangi, kelompok musik ini menyampaikan pengalaman para nasabah sebagai perempuan yang hidup di tengah perubahan lansekap wilayah Jatiwangi menuju wilayah industri manufaktur terbesar di Pulau Jawa.

Sebagai kelompok, Bank ini juga turut mengadvokasi dirinya di tengah persoalan konflik tanah yang dihadapi warga Kampung Wates dan tujuh desa lainnya dengan TNI AU, sejak Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya.

Mother Bank menjadi salah satu kelompok musik yang masuk dalam daftar penampil festival musik tahunan Pestapora 2023. Mereka diagendakan tampil di hari ketiga penyelenggaraan, bersama nama-nama besar lain semisal Jason Ranti, King Nassar, GIGI, Dewa 19 dan lain-lain.

Baca juga: Daftar Lengkap Line Up Pestapora 2023 Berdasarkan Hari, Ada Joe Million hingga Noah

Baca juga: Catatan Pestapora 2022, Barometer Festival Musik Indonesia Masa Depan

Pestapora 2023 sendiri rencananya akan digelar di Gambir Expo & Hall D2 Jiexpo pada 22, 23, dan 24 September 2023 mendatang, dengan menghadirkan 187 nama musisi lintas genre dan generasi yang masuk dalam daftar penampil. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya