News Minggu, 15 Oktober 2023 | 17:10

Mengenal Potensi Wisata dan Ekonomi Kreatif di Ibu Kota Nusantara

Lihat Foto Mengenal Potensi Wisata dan Ekonomi Kreatif di Ibu Kota Nusantara Potensi wisata di Ibu Kota Nusantara. (Foto: Kemenparekraf)
Editor: Tigor Munte

Berau - Potensi wisata dan ekonomi kreatif di Ibu Kota Nusantara (IKN) coba dipromosikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kerja sama dengan Otorita Ibu Kota Negara (OIKN).

Salah satu bentuknya adalah menggelar perjalanan wisata pengenalan atau familiarization trip (famtrip) ke Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, yang merupakan daerah penyangga IKN. 

Kegiatan digelar sejak 12-15 Oktober 2023 dengan melibatkan media sebagai peserta.

Selain promosi pariwisata dan ekonomi kreatif, juga bertujuan untuk memberikan awareness tentang Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia dan memberikan gambaran tentang progres pembangunan IKN.

Famtrip ini meliputi wilayah IKN, Samarinda, dan Balikpapan, termasuk desa wisata yang ada di daerah tersebut.

BACA JUGA: Malam Apresiasi IKN Nusantara, Menteri Basuki: Kami Pastikan Infrastrukturnya Layak Huni

Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf Dwi Marhen Yono mengatakan, pihaknya optimistis bahwa potensi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Berau, Kaltim, akan mampu menarik minat kunjungan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara. 

Menurut dia, Berau memiliki potensi wisata alam dan wisata bahari yang tidak kalah dengan destinasi wisata unggulan lain di Indonesia. 

Hanya saja diperlukan strategi-strategi khusus untuk promosi, salah satunya melalui famtrip ini. 

"Kami akan terus mendukung upaya-upaya promosi pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Berau," katanya.

Ini juga sebagai upaya untuk mendukung pencapaian target 1,2 miliar - 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara pada 2023 dan penciptaan 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024. 

Kegiatan famtrip ini mengenalkan beberapa destinasi pariwisata dan sentra ekonomi kreatif di Kabupaten Berau dan sekitarnya. 

Peserta diajak untuk hopping island ke beberapa destinasi wisata seperti Pulau Maratua, Pulau Kakaban, Pulau Sangalaki, Pulau Derawan, Goa Halo Tabung, dan Rumah Oleh-oleh Basinang. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya