News Selasa, 25 Oktober 2022 | 14:10

Menhub Bilang Jokowi Dukung Kendaraan Listrik Jadi Moda Utama di IKN Nusantara

Lihat Foto Menhub Bilang Jokowi Dukung Kendaraan Listrik Jadi Moda Utama di IKN Nusantara Presiden Jokowi saat menghadiri acara peluncuran Kolaborasi Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik, yang digelar di SPBU Pertamina, Jakarta. (Foto: Opsi/Dok Pertamina)

Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan bahwa Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendukung kendaraan listrik menjadi moda utama yang dikembangkan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Jokowi juga diklaim mendukung industri kendaraan listrik terutama industri baterai sebagai bentuk upaya pengurangan emisi rumah kaca.

"Beliau (Presiden Jokowi) juga menyampaikan bahwa ke depan kendaraan listrik harus menjadi moda yang utama kita termasuk jadi tumpuan untuk transportasi ramah lingkungan yang dikembangkan di IKN," kata Budi dalam acara HIMPUNI, Selasa, 25 Oktober 2022.

Menurutnya, pemerintah terus mendorong terbentuknya ekosistem kendaraan listrik yang sejalan dengan isu prioritas dalam perhelatan G20 yaitu energi berkelanjutan.

Mendukung itu, pemerintah telah menerbitkan beberapa regulasi untuk mempercepat transisi kendaraan dengan bahan bakar minyak (BBM) menjadi kendaraan listrik.

"Maupun aturan turunan pada kementerian lembaga terkait untuk mendukung percepatan implementasinya," tuturnya.

Untuk saat ini, lanjutnya, jumlah sertifikasi uji tipe kendaraan listrik sudah mencapai 31.000 unit.

Dia menegaskan, pihaknya akan terus melakukan kampanye untuk mendorong konversi motor BBM menjadi motor listrik berbasis baterai.

"Angkutan massal perkotaan telah dikembangkan di beberapa kota akan diperluas, di Bandung Surabaya akan kita berikan skema by service," ucap Menhub.[] (Kompas.com)

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya